Cara Mengatasi TouchScreen/Layar Sentuh yang Error


DandanPonsel - Bagaimana Cara Mengatasi Layar Sentuh Error? banyak permasalahan yang terjadi pada lcd hp atau layar sentuh yang marak dialami oleh Smartphone Android. Adanya ketidak sensitifan dan kruangnya kepekaan pada layar sentuh sangat mengganggu pada pemakaian kenyamanan kita. Terjadinya layar sentuh error jangan buru-buru diganti dengan layar baru. Karena sangat disayangkan bila ternyata masih bisa kita perbaiki.

Cara Memperbaiki Touch Screen Pada Handphone dalam menggunakan Smartphone atau ponsel dengan jenis layar sentuh yang mengalami error pada layar sentuh atau touchscreen-nya memang bsia dibilang gampang-gampang susah karena kita harus mengetahui dahulu penyebab dan faktor yang mempengaruhi terjadinya masalah layar sentuh tersebut. Mulai dari akibat jatuh atau terbentur, atau karena memang dari faktor software yang memang perlu dilakukan perbaikan yang diakibatkan malware atau file yang corrupt. Pengaruh dari lifetime atau penggunaan yang sudah lama (untuk beberapa merk ponsel keluaran lama) juga mempengaruhi layar sentuh sehingga biasanya terkesan layar sentuh liar atau posisi sentuh tidak sesuai dengan titik yang disentuh. Nah, berikut penyebab dan cara mengatasi Layar Sentuh yang error.

Cara Memperbaiki Touch Screen atau Layar Sentuh yang Error Pada HP

Cara Mengatasi TouchScreen/Layar Sentuh yang Error

Berikut cara memperbaiki layar Touchscreen HP yang error atau tidak sensitif:
  1.  Langkah pertama adalah pengecekan, Pastikan bahwa layar sentuh ponsel kita tidak pecah. Jika pecah ya memang harus ganti.
  2. Jika layar sentuh tidak pecah, tetapi saat disentuh salah satu layarnya "liar" atau terlalu sensitif. Nah jika liar atau error maka cek dahulu di pengaturan telepon. Pada pengaturan telepon biasanya kalau sebuah handphone touchscreen pasti ada pengaturan kalibirasi (calibiration). Jika anda sudah menemukan pengaturan kalibirasi (calibiration) maka pilihlah menu tersebut.
  3. Pilih menu kalibiasi, setelah itu layar akan blank putih.
  4. Saat layar mengalami blank putih, tak berselang lama akan ada tulisan "klik salah satu layar untuk melakukan kalibirasi"
  5. Klik tepat pada titik kalibrasi. Maka akan tampil petunjuk untuk menyentuh layarnya dan kamu ikuti petunjuk tersebut sampai kalibirasi tersebut selesai.
  6. Jika kalibrasi sudah selesai maka Handphone akan kembali ke pengaturan awal.
  7. Kemudian restart ponsel dan layar sentuh kembali normal 

Anda juga bisa membaca permasalahan layar sentuh lainnya seperti :

Demikianlah Langkah Bagaimana Mengatasi atau Memperbaiki Layar Sentuh yang Error Pada Handphone. Untuk menu kalibrasi, di beberapa merk ponsel berbeda letak dan tampilannya. Namun yang perlu jadi acuan adalah, adanya menu kalibrasi digunakan untuk mengembalikan posisi layar sentuh atau sensitifitas terhadap jari agar posisinya tepat. Semoga bermanfaat bagi anda.

Diberdayakan oleh Blogger.