Cara Membuat Aplikasi Game di Android


Tips Android - Banyak orang bertanya mengenai Bagaimana Tutorial Membuat Aplikasi dan Games Android. Apakah anda merupakan salah satu orang yang tertarik untuk membuat game atau aplikasi android dan membayangkan hasil cipta anda terpajang di Google Play Store? Memang akan sangat menyenangkan, selain kreatifitas kita yang akan ditantang untuk menghasilkan games yang bagus tapi kita juga bisa mendapatkan uang dari games android yang kita buat.

Cara Membuat Aplikasi Game di Android kini banyak ditawarkan oleh aplikasi yang ada di playstore juga, padahal pada prinsipnya membuat aplikasi atau sebuah game memerlukan banyak modal baik modal komputer yang harus memiliki spesifikasi yang mumpuni, juga modal keahlian dalam menyusun kode-kode. Jadi aplikasi-aplikasi smartphone yang menawarkan fitur pembuatan aplikasi pada prinsipnya bukanlah membuat aplikasi sungguhan melainkan hanya untuk having fun saja sebab yang terbentuk ialah aplikasi yang memang sudah ada template atau sudah ada masternya. Untuk membuat aplikasi baru sesuai dengan keinginan kita haruslah dibekali dengan ilmu membaca dan menyusun kode. Kode yang paling sering digunakan dalam aplikasi android adalah java dan XML. Bagi anda yang pernah mengenal dua bahasa pemrograman ini tentunya akan lebih mudah jika dibandingkan yang sebelumnya belum mengenal sama sekali.

Cara Membuat Aplikasi Game di Android


Banyak hal yang harus sobat pelajari. Butuh usaha keras juga untuk bisa. Dan jangan pantang menyerah tentunya. Kreatifitas kita harus benar-benar berlari kencang untuk mendesain games, dari background, avatar, skema dan lainnya. Tapi di sini saya tidak mengajarkan bagaimana membuat game atau aplikasi android tersebut. Sebab hal itu butuh waktu yang tidak sebentar. Saya hanya ingin memberi referensi untuk untuk anda yang ingin membuat game android.

Cara Membuat Aplikasi Game di Android


Untuk bisa membuat aplikasi game android, ada beberapa hal yang perlu kita pahami, diantaranya :

Java : Merupakan dasar utama jika anda ingin belajar membuat aplikasi game android. Ada banyak web yang menyediakan pembelajaran tentang java secara gratis. Silahkan sobat cari sendiri di internet.

XML : Bukan seorang web developer saja yang perlu mengenal xml. Seorang Android Developer juga perlu mempelajari tentang xml untuk user interface aplikasi atau game. Namun sebenarnya bukan cuma itu saja yang harus anda kuasai, tetapi juga harus tekun.

Jika anda memang serius untuk menciptakan game atau aplikasi, anda bisa mencoba membeli codepack atau paket kode mentah dari aplikasi yang bisa anda gunakan untuk belajar memodifikasi aplikasi. Untuk mendapatkannya anda bisa membeli di beberapa website yang menawarkan coding mentah atau kode dasar dari sebuah aplikasi game yang populer sehingga ktia bisa mencoba membuatnya dan memahami bahasa programnya untuk bisa menciptakan game baru sesuai dengan ide milik anda. Situs yang bisa anda gunakan untuk membeli misalnya CodeCanyon yang populer di kalangan pemilik aplikasi di indonesia karena biasanya bersifat pembelian kode mentah lalu kemudian modifikasi sesuai dengan kebutuhan. Selanjutnya pasarkan dengan membeli akun Google Developers agar aplikasi atau game buatan kita bisa tersedia di Playstore dan bisa digunakan semua pengguna Android di indonesia bahkan di dunia jika aplikasi milik anda memiliki fitur bahasa indonesia dan bahasa inggris atau multi bahasa.

Dan untuk referensi  belajar aplikasi game android, bisa mengunjungi 2 situs berikut:

1. Mobile Tuts+
Adalah salah satu situs script terbesar yang menyediakan pembelajaran tentang bagaimana membuat aplikasi game android. Anda bisa mempelajarinya secara bertahap. Tutorial di situs ini lengkap, anda hanya perlu mencari apa yang sobat ingin kembangkan untuk aplikasi games sobat.

2. Vogella
Situs yang menyediakan pembelajaran pembuatan aplikasi game android yang mudah dipahami dan diikuti. Mulai dari dasar pengenalan, hingga tahap mahir. Anda bisa belajar bagaimana untuk menjadi android developer. Silahkan cek sendiri apa yang bisa di pelajari dari situs tersebut.

Seiring perkembangannya, pembuatan aplikasi android kini beragam dan banyak mengalami perubahan. Jika awalnya marak dengan Eclipse, kini rata-rata menggunakan Unity dan Android Studio. Tentunya untuk membuat game ini juga dibutuhkan pc atau komputer yang memiliki spesifikasi mumpuni karena aplikasinya sangat memerlukan kinerja yang powerfull dalam melakukan compile aplikasi ketika rendering menjadi sebuah APK.



Ingin coba membuat game android yang lain? anda bisa coba melihat :

Demikian artikel mengenai langkah untuk bisa membuat aplikasi Game di Android. Semoga bermanfaat.

Diberdayakan oleh Blogger.