Mengatasi HP Android Tidak Muncul Sinyal(Layanan)


Dandan Ponsel - Apakah anda termasuk yang mengalami HP Android tidak ada sinyal atau sinyal hilang saat kita memasukkan SIM card? Ketika kita menyalakan ponsel, maka tidak ada sinyal ataupun jaringan yang muncul pada LCD ponsel. Lalu bagaimana mengatasi atau memperbaikinya? Eits.. jangan buru-buru ke tukang service. Msalah yang muncul biasanya adalah meski SIM card terdeteksi tapi tidak muncul sinyal.

Cara Mengatasi HP tidak ada Sinyal padahal SIM terdeteksi ini banyak kemungkinannya. Selain dari providernya sendiri yang memang sedang ada gangguan atau sedang ada masalah, hal lain yang mungkin terjadi adalah adanya kerusakan pada hardware atau IC untuk penangkap sinyalnya. Untuk lebih jelasnya kita akan ulas satu persatu.

 Cara Mengatasi HP (Handphone) Tidak ada Sinyal


mengatasi hp tidak ada layanan


 Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hp tidak ada sinyal, antara lain :

1. Pastikan Sinyal Provider Tidak masalah
 Jika anda menggunakan salah satu Provider tertentu, dan tidak ada sinyal, cek teman yang menggunakan provider kartu yang sama, karena bisa jadi memang sedang ada gangguan dari pihak kartu SIM.

2. Pindah dan Ganti Kartu SIM
Cobalah untuk mengganti kartu SIM, jika anda Dual SIM dan salah satu saja yang tidak ada sinyal cobalah untuk menukar kartu pada slot berbeda(Sim 1 ke 2 dan sebaliknya). Jika tadinya slot sim 1 yang tidak ada sinyal dan kini berganti sim 2 berarti kartu SIM yang bermasalah, lakukan langkah selanjutnya langkah ke 3 di bawah ini. Tetapi jika tidak ada jaringan atau tidak ada layanan tetap pada posisi sim sebelumnya dan tidak berubah, berarti dari HP yang bermasalah. Langsung bisa melakukan langkah ke 4.

3. Ganti HP
Pasang Kartu SIM yang tidak ada sinyal tadi ke hp lain, jika tidak muncul sinyal berarti kemungkinan besar dari providernya sedang ada masalah atau kartu rusak dan chip tidak dapat menangkap sinyal.

4. Pancing Jaringan
Lakukan pancingan dengan cara menyalakan mode pesawat atu airplane mode kemudian non aktifkan agar sinyal muncul

5. Restart Smartphone
Beberapa hp bisa sembuh masalah sinyal dengan cara melakukan restart seperti biasa. Lakukan restart dengan mencopot baterai. Jika hp anda baterai tanam, anda bisa melakukan reboot atau restart dengan melihat caranya di cara restart hp baterai tanam.

6. Atur Manual
Cobalah untuk mencari jaringan secara manual. Buka pengaturan kemudian pilih jaringan. Pada pilihan jaringan Otomatis, klik dan pilih manual. Tunggu beberapa saat agar smartphone mencari jaringan terdekat yang tertangkap. Jika beberapa saat kemudian muncul beberapa jaringan, dan jaringan provider yang anda gunakan tidak ada berarti memang dari pihak jaringan sedang bermasalah, tetapi jika pencarian jaringan tidak bisa atau tidak menunjukkan hasil kemungkinan ada masalah pada hardware.

7. IC RF (HAGAR) Rusak
Cara ini dilakukan jika sinyal tidak muncul akibat beberapa hal terjadi sebelumnya seperti hp terbentuk benda keras atau terjatuh, atau setelah hp terena air. Jika tidak ada masalah tiba-tiba muncul masalah ini, tidak disarankan menggunakan cara ini.


Ada beberapa cara service yang bisa dilakukan :
  •     Langkah pertama yang harus dilakukan adalah melakukan perbaikan software dengan tuning signal. Jika setelah melakukan tuning signal masih saja meiliki masalah, maka langkah terakhir adalah melakukan pergantian pada komponen switch antena, IC RF, PA. Kita bisa gunakan multitester untuk menguji IC PA.
  •     Ketika anda memilih jaringan manual dan menunggu beberapa saat tetapi hasilnya tidak muncul satupun provider yang tertangkap, atau pencarian jaringan manual gagal, kemungkinan masalahnya ada dalam IC RF (HAGAR). Anda bisa mengganti IC RF (HAGAR).
  •     Jika mencari jaringan dengan metode manual pada smartphone kita hanya mendapatkan 1 (satu) provider saja, maka ada masalah dengan IC VCO. Solusinya ganti IC VCO.
  •     Apabila tidak ada masalah dengan metode manual, periksalah jalur arus dari battery ke IC PA, jika tidak ada masalah dengan jalur selanjutnya kita periksa apakah komponen IC PA berfungsi dengan baik.


Jika kaki Pin Antenna Sinyal Rusak, kita bisa melakukan Trik Jumper dengan mencari Port Antenna Sinyal


Cara Jumper hp android tidak ada sinyal


Cara Jumper hp android tidak ada sinyal

  • Smartpone masih dalam keadaan terbuka sampai area IC untuk antena seperti gambar di atas terlihat
  • Panasi area yang dilingkari merah mengunakan Blower dan Flux
  • Setelah terlepas, bersihkan jika terdapat korosi atau kerak debu yang menghalangi jalur.
  • Setelah bersih, pasang kembali dengan memastikan kaki-kaki tersambung dan menyatu. Jika kaki-kaki rusak, bisa mencetak ulang dengan memanasinya
  • Atau jika yakin IC PA tersebut sudah parah kerusakannya, maka lebih baik ganti IC PA yang baru.

Nah, setelah mencoba mengatasi sinyal tidak muncul, kemudian sinyal muncul tetapi tidak stabil mungkin anda bisa mencoba Cara Mengatasi Sinyal Sering Hilang Tidak Stabil

Jika seputar bagaimana cara mengatasi HP tidak ada sinyal dan anda memiliki pengalaman baru, jika tidak keberatan bisa tuliskan dalam kolom komentar dan kami akan sangat senang. Mohon koreksi jika ada kekeliruan. Salam.

Diberdayakan oleh Blogger.