Mengatasi HP Android yang Restart Sendiri (Bootloop)


dandanponsel - Bagaimana Cara Mengatasi HP Android yang Restart Sendiri (Bootloop)? Apakah anda termasuk orang yang pernah mengalami smartphone yang Anda gunakan(baik android atau Hp Biasa) tiba-tiba restart sendiri ketika sedang di gunakan? Jika kondisi ini pernah anda alami pada smartphone Anda, bisa jadi smartphone tersebut terkena penyakit yang disebut dengan Smartphone BootLoop, yaitu sebuah proses booting yang terjadi berulang-ulang baik saat belum masuk ke layar utama atau sudah masuk ke tampilan layar utama. Lalu Bagaimana Mengatasi Hp yang Restart Sendiri ini? Jangan Panik dahulu.

Smartphone Restart Sendiri atau Bootloop dibagi dalam tiga jenis yaitu bootloop ringan, sedang, dan berat. Jika hp atau ponsel Smartphone pernah mengalami hal ini, pastikan bahwa penyakit restart sendiri ini termasuk bootloop skala ringan. Karena jika lebih dari itu, tentunya Anda harus membawa smartphone tersebut ke service center terdekat.

Dan berikut adalah Tips dan Cara Atasi Smartphone BootLoop atau Restart Sendiri pada skala BootLoop Ringan.

Mengatasi HP Android yang Restart Sendiri (Bootloop)

Langkah Mengatasi HP Android yang Restart Sendiri (Bootloop)



HARD RESET
istilah Hard reset dilakukan dengan melepas baterai ketika smartphone dalam kondisi hidup. Langkah ini bisa mengatasi bootloop ringan ketika smartphone terlalu panas atau RAM dan prosesor bekerja terlalu keras, biasanya saat digunakan untuk aktivitas multitasking atau bermain game dan smartphone Android tiba-tiba restart sendiri akibat kinerja RAM yang terlalu berat atau berlebihan.

BUANG APLIKASI MENCURIGAKAN
Penyakit Restart ini juga bisa disebabkan aplikasi bukan bawaan yang terinstal di smartphone Android. Biasanya aplikasi ini tidak kompatibel dengan software ataupun sistem operasi bawaan smartphone. Bisa juga aplikasi ini membawa malware yang mengakibatkan smartphone mengalami bootloop atau crash terus menerus. Menghapus aplikasi yang dianggap mencurigakan juga efektif menghilangkan bootloop di smartphone Android Anda.

LAKUKAN UPDATE SOFWARE
Jika terdapat bug di smartphone pada software bawaan smartphone juga bisa menjadi penyebab bootloop. Namun hal ini kecil terjadi. Akan tetapi, langkah melakukan update software baik melalui OTA maupun WiFi bisa menjadi salah satu langkah menghilangkan penyakit bootloop di smartphone sehingga software yang rusak atau corrupt kembali menjadi normal.

RESET KE SETINGAN PABRIK
Jika ketiga cara di sebelumnya masih belum bisa memperbaiki bootloop di smartphone Android Anda, maka pilihan reset factory bisa Anda lakukan. Nantinya cara ini bisa mengembalikan pengaturan smartphone ke kondisi awal dan menghilangkan masalah pemicu bootloop yang diakibatkan tindakan setelah pembelian smartphone. Untuk langkah ini jangan lupa back-up data dahulu karena akan menghilangkan aplikasi dan data pada ponsel.

Baca juga Cara mengatasi sinyal HP yang Hilang

Demikian tulisan mengenai Cara Mengatasi Android BootLoop atau HP Restart Sendiri. Jika langkah diatas dirasa masih muncul masalah bootloop, ada baiknya untuk menghapus beberapa file dan aplikasi yang terpasang agar kinerja RAM bisa sesuai denga kemampuan. Semoga bisa memberikan manfaat bagi anda. Salam
Mengatasi HP Android yang Restart Sendiri (Bootloop) | Revie Hapsari | 5