Inilah Bedanya Baterai Li-Po dan Li-Ion

Apa sih Perbedaan Baterai jenis Li-Po dan Li-Ion? Dewasa ini banyak kita temui dua jenis baterai yang paling sering kita jumpai di beberapa smartPhone yaitu Li-Po dan Li-Ion. Manakah jenis baterai yang digunakan padasmartphone anda? lalau apa bedanya? Apa kelebihan dan kekurangan dari masing-masing jenis baterai ini? kali ini kita coba membahas Perbedaan Baterai Li-Po dan Li-Ion.

Jenis-jenis Baterai handphone(HP) memang beragam, baik dari segi model, ukuran ataupun kapasitas memiliki perbedaan pada masing-masing tipe ponsel ataupun merk hp yang digunakan. Nah berikut pengetahuan mengenai Baterai Li-Po dan Li-Ion.



Bedanya Baterai Li-Po dan Li-Ion

Perbedaan Jenis Baterai Li-Po dan Li-Ion


Jenis Baterai Li-Ion

Baterai Li-Ion (Lithium-Ion) terbuat dari bahan Lithium Cobalt Oxide atau Lithium Iron Phosphate. Karena Ukurannya yang kecil dan ringan, Baterai ini sangat banyak di Gunakan oleh HP dari berbagai merek.

Kelebihan Baterai Li-Ion:
1. Umur Baterai Lithium Ion lebih Pendek sebaiknya anda melakukan Pengisian pada saat Baterai ini benar-benar sudah Habis atau Indikator ponsel  menunjukkan  baterai sudah dalam keadaan Lemah.
2. Daya Lebih besar.
3. Perawatan Lebih Mudah di bandingkan Li-Po
4. Bisa di isi Ratusan Kali.

Kekurangan Baterai Li-Ion:
1. Baterai Li-Ion Tidak tahan Pada suhu yang Panas.
2. Jika di isi ulang berlebihan akan membuat Umur Baterai Tidak Awet.

Jenis Baterai Li-Po

Baterai Li-Po (Lithium-Ion Polymer) terbuat dari Bahan Polyethylene Oxide atau Polyacrylonitril. Baterai Li-Po ini lebih Ramah Lingkungan di bandingan Li-Ion, selain itu Baterai ini juga Memerlukan Perawatan yang Lebih Istimewa. Sifatnya jauh berbeda dengan Li-Ion, karena Baterai ini bersifat Cair(Liquid), baterai Li-Po Lebih Rawan terhadap Benturan dan Tekanan.

Kelebihan Baterai Li-Po:
1. Lebih Ramah Lingkungan dan Aman
2. Fleksibel karena yang sifatnya Cair.
3. Lebih Ringan
4. Li Pol Relatif Mengalami Kehilangan Kemampuan Menyimpan daya lebih sedikit dibandingkan Li Ion
 
Kekurangan Baterai Li-Po:
1. Biaya Produksi lebih Mahal
2. Jika Terkena benturan Keras Bisa berubah Bentuk.
3. Membutuhkan Charger khusus yang  menyalurkan daya yang sama Besarnya kepada seluruh Sel.

Lihat Juga Cara Memperbaiki Layar Sentuh Bergaris

Kesamaan dari kedua sifat baterai diatas adalah jangka waktu umur pakai lebih tahan lama jika bila kita Men-charger dengan rutin. Demikian mengenai Perbedaan Jenis Baterai Li-Po dan Li-Ion, semoga bermanfaat bagi anda. Salam.
Inilah Bedanya Baterai Li-Po dan Li-Ion | Revie Hapsari | 5

0 komentar:

Poskan Komentar