Layar HP jadi Blank Putih Karena Jatuh? Ini Cara Mengatasinya


Layar Blank Putih Karena Jatuh -  Pernah mengalami tiba-tiba layar hp menjadi putih semua tampilannya karena terjatuh? Jika anda pernah mengalami hp terjatuh kemudian hingga hp mati. Dan setelah dinyalakan ternyata hanya blank putih yang terlihat. Bagaimana mengatasi layar hp putih karena jatuh? Jangan perlu panik karena belum tentu anda mengganti LCD karena setiap kerusakan bisa kita cek tingkat kerusakannya, Jika masih bisa diatasi sendiri dan tak perlu ganti LCD maka akan menghemat biaya.

Cara mengatasi hp blank putih bisa diketahui setelah menemukan penyebab dari munculnya layar putih tersebut. Ada beberapa kategori yang masih bisa diselamatkan dan yang sudah harus ganti. Kali ini kita akan membahas mengenai layar HP putih karena terjatuh tetapi yang masih bisa kita perbaiki sendiri. Cara yang bisa dilakukan sendiri tentunya dengan beberapa metode yang masih dalam batas bukan kerusakan hardware. Untuk lebih jelas, kita akan mencoba menganalisa beberapa hal yang dapat muncul layar hp putih setelah terjatuh.

Cara Memperbaiki Layar HP jadi Blank Putih Karena Jatuh

Layar HP jadi Blank Putih Karena Jatuh



Dan ini cara untuk mengatasi layar HP putih karena jatuh yang mungkin beberapa penyebabnya sesuai dengan yang anda alami:

Layar HP jadi Putih Karena Jatuh

Socket Layar Lepas : Ada kemungkinan setelah jatuh atau terbentur benda keras, socket dari LCD lepas. Cara mendeteksinya, goyang2 hp anda,. jika ada bunyi dari sesuatu didalamnya seperti lepas atau kendor, kemungkinan besar socket dari LCD lepas atau kendor. Buka casing dan angkat LCD, kemudian pasang kembali socket ke dudukannya. Ada baiknya sebelum dipasang, bersihkan dengan contact cleaner agar debu dan kerak bisa hilang. Jika ada yang putus atau patah dudukannya, ada baiknya ganti dengan komponen baru atau disolder jika memungkinkan. Tapi kebanyakan desain dari smartphone sekarang memang didesain untuk ganti baru, khususnya ganti unit baru.

Jika yang terjadi ternyata putus pada fleksibel LCD atau kabel yang berbentuk pipih yang menyambungkan dari layar menuju ke PCB maka perlu dilihat kontruksinya. Jika model LCD yang memang antara kabel fleksibelnya dengan LCD adalah model copotan, maka anda bisa membeli kabel fleksibelnya saja tetapi jika model sambung langsung, berarti harus ganti LCD baru karena tidak mungkin untuk disambung.

Layar HP Putih tapi masih Menyala Normal

Nah, yang dimaksud, meski warna putih tetapi jika anda nyalakan dengan tombol kemudian matikan, masih berjalan normal dan bisa dimatikan. Kemungkinan ada crash pada software.
  • Cabut Kartu Memori : ada kemungkinan kinerja yang berat untuk membaca memori, sehingga jika anda menggunakan memori eksternal, matikan hpnya kemudian lepas dahulu kartu memorinya, dan kemudian nyalakan kembali.
  • Hard Reset : Jika masih belum berhasil, Cobalah untuk mematikan smartphone anda, kemudian nyalakan dengan metode hard reset. Untuk cara Hard Reset anda bisa mencari caranya sesuai dengan tipe dan merk ponsel milik anda. Secara umum, biasanya dengan menekan tombol bersamaan antara tombol menu+power off/on+tombol volume down(-). Jika setelah direset sudah berhasil, cek apakah ada garis pada layar, karena biasanya muncul garis atau shadow. Untuk mengatasinya anda bisa membacanya di Cara mengatasi layar Sentuh Bergaris.

Bagi yang sudah berhasil menyala atau hilang blank putihnya, periksa program atau sistemnya pastikan tidak ada masalah. Jika ada masalah pada sistem, usahakan langsung resistem atau flashing sesuai kebutuhan. Jika masih normal tetapi hanya ada program atau khususnya sistem operasi androidnya bermasalah maka cukup resistem saja, artinya masukkan kembali system operasi android sesuai dengan versi yang digunakan. Tetapi jika blank putih sudah tidak muncul tetapi muncul system error atau tidak bisa digunakan, solusinya adalah Flashing.

Sejauh ini cara-cara di atas dapat menjadi solusi layar putih karena jatuh. Jika cara-cara di atas tidak bisa mengatasi masalah pada layar hp anda, kemungkinan besar yang anda alami adalah hardware, dan solusi satu-satunya ganti LCD baru sesuai dengan ukuran dan spesifikasi dari smartphone anda.

Demikian cara mengatasi layar hp putih karena jatuh yang bisa anda coba. Ada baiknya jika anda suka mengotak-atik smartphone, sediakan obeng kecil khusus untuk membuka smartphone sehingga anda lebih mudah untuk memeriksa ketika memang harus membongkar casing atau membongkar dalaman dari hp android anda. Salam.

Diberdayakan oleh Blogger.