Solusi Jika Pesan Whatsapp Tidak Masuk Kalau Tidak Dibuka


Dandan Ponsel - Bagaimana cara mengatasi whatsapp tidak masuk bila tidak dibuka? Apakah anda termasuk yang mengalami WA Tidak Masuk Jika Tidak Dibuka, WA tidak ada pemberitahuan atau notifikasi apapun tetapi jika ketika membuka aplikasi WhatsApp tiba-tiba banyak pesan masuk dan panggilan yang tidak terjawab. Bagaimana cara mengembalikan WA agar selalu muncul notifikasi setiap saat? Saat ini WhatsApp merupakan salah satu aplikasi yang cukup populer karena hampir semua orang baik dari personal maupun bisnis menggunakan WhatsApp dalam berkomunikasi. Hal ini memang lebih simpel dan mudah daripada SMS atau Telepon yang memiliki tarif lebih mahal.

Pesan whatsapp tidak masuk kalau tidak dibuka bukan hanya terjadi pada pengaruh merk seperti Samsung, Oppo, Xiaomi, atau bahkan iPhone, semua bisa mengalami karena bukan faktor merk atau tipe hp melainkan banyak faktor lain yang mempengaruhi. Nah jika anda termasuk yang sering mendapatkan atau mengalami kejadian ini, mungkin beberapa pemecahan masalah di bawah ini bisa membantu anda untuk mengembalikan agar WA bisa muncul notifikasi atau pemberitahuan dengan cepat dan sesuai dengan jam kirim pesan tersebut sehingga tidak mengganggu urusan penting yang disampaikan rekan melalui WhatsApp
 

Mengatasi Pesan Whatsapp Tidak Masuk Jika Tidak Dibuka

Mengatasi Pesan Whatsapp Tidak Masuk Jika Tidak Dibuka

Untuk mengatasi aplikasi WA tidak muncul notifikasi jika tidak dibuka, kita harus mengetahui penyebabnya dahulu karena masalah ini muncul diakibatkan oleh banyak hal yang tidak selalu sama. Masing-masing permasalahan biasanya pemicunya berbeda tergantung spesifikasi smartphone dan juga penggunaannya. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan, antara lain:

1. Power Saving
 Di beberapa Smartphone, memiliki fitur mode power saving yaitu menghemat daya baterai. Dengan mengaktifkan fitur ini kadang pemberitahuan atau notifikasi dari WatsApp termasuk yang disilent sehingga meskipun masuk tidak akan muncul notifikasi atau tidak akan berbunyi. Hal yang pertama adalah cek apakah Power Saving sedang dalam on atau tidak. Nah, sebelum itu, pastikan dulu memang masalahnya di power saving. Ciri-ciri dari penyebab tidak muncul notifikasi karena power saving adalah biasanya pesan tetap masuk tetapi tidak ada nada dan tidak ada getaran, jadi hanya muncul balon pesan baru saja. Karena pada prinsipnya kerja dari Power Saving adalah membatasi energi pada data di latar belakang atau pada aplikasi yang tidak terbuka. Jika demikian berarti power saving yang menjadi penyebab hal ini. Tetapi bila tidak ada pesan masuk apapun dan tidak ada notifikasi tetapi saat dibuka, barulah pesan masuk bersamaan, coba kita cari penyebab selanjutnya.

2. Koneksi Tidak Stabil
Nah, jika anda membuka whatsapp tiba-tiba banyak pesan masuk padahal dari tadi tdiak ada notifikasi, kemungkinan masalahnya ada pada jaringan atau koneksi internet yang tidak stabil. Namun masalah yang ditimbulkan oleh faktor ini juga bisa kita analisa, misalnya jika semua aplikasi yang menggunakan koneksi internet mengalami masalah yang sama berarti memang koneksi internetnya, seperti misalnya anda buka instagram atau facebok tiba-tiba pemberitahuan banyak yang masuk padahal sebelumnya sepi-sepi aja. hal ini sudah bsia dipastikan koneksi internet yang tidak stabil, ada baiknya anda ganti provider yang jaringannya bagus di lokasi anda berada. Tetapi jika yang mengalami notifikasi tidak muncul hanya pada WhatsApp saja dan aplikasi lainnnya tidak, maka bsia jadi faktor selanjutnya.

3. Pengatruan Aplikasi
Bisa juga masalah ini muncul karena dari pengaturan aplikasi WhatsApp sendiri memang notifikasinya diatur mati atau notifikasi Off sehingga tidak muncul notifikasi. Ciri-cirinya juga hampir sama dengan kasus power saving, tetapi pesan masuk biasanya tetap bisa masuk sesuai waktunya hanya saja tidak ada notifikasi.

4. Aplikasi Tidak Update
Bisa juga akibat WhatsApp yang sudah kadaluarsa dan membutuhkan update. Ada baiknya lakukan update aplikasi melalui playstore untuk aplikasi whatsapp anda agar aplikasi whatsapp anda menjadi versi yang terbaru.

5. Kinerja Berat
Nah salah satu penyebab yang paling sering terjadi yang mengakibatkan WA tidak masuk jika tidak dibuka adalah ketidak sesuaian kinerja dengan spesifikasi. Misalnya saja Smartphone dengan RAM hanya 1 Giga tetapi memori internal memiliki kapasitas yang besar dan ruang kosong hampir penuh sehingga kinerja RAM yang berat tidak mempunyai ruang lagi untuk bergerak.Alhasil beberapa aplikasi menjadi tidak bekerja termasuk WA. Untuk mengatasi masalah ini jika smartphone anda memiliki spesifikasi yang minim, ada baiknya jangan terlalu memenuhi memori terutama memori internal karena kerja RAM yang berat kadang membutuhkan space dari internal untuk mereload kerja dari RAM itu sendiri. Jangan isi internal mencapai lebih dari 90% dari kapasitas memori internalnya. Mungkin sekitar 75% saja isinya. Kemudian untuk aplikasi juga perlu dikurangi, jika ada beberapa aplikasi yang tidak sering digunakan, mending dicopot atau unninstall saja agar kerja smartphone menjadi lebih ringan.

Nah anda juga bisa mengunci aplikasi Whatsapp agar tidak dibaca oranglain. Lihat caranya di Cara Mengunci WA di iPhone dan Android

Demikin beberapa cara mengatasi WhatsApp yang tidak masuk jika tidak dibuka sehingga banyak urusan atau pesan yang tertunda apalagi untuk pesan-pesan penting yang sekiranya perlu segera ditindak lanjuti. Jangan hanya gara-gara masalah sepele seperti ini menjadikan urusan kehidupan anda menjadi kacau. Semoga dengan beberapa solusi ini bisa membantu anda dan menghilangkan masalah ini. Salam.

Diberdayakan oleh Blogger.