Melacak HP Android Hilang yang Mati atau SIM Card tidak Aktif


Bagaimana Cara Melacak HP Android yang hilang tapi hpnya tidak aktif? apakah bisa Mencari HP Android yang hilang tapi SIM Card tidak Aktif ? Jika sebelumnya kita membahas artikel mengenai Cara Melacak HP yang hilang, tetapi menggunakan aplikasi, artinya hpnya harus dalam keadaan aktif. lalu bagaimana jika HP-nya tidak diaktifkan? Nah kali ini kita akan coba melacak HP Hilang yang Tidak aktif.

Apakah anda salah satu orang yang mengalami hal itu? kehilangan ponsel android atau hp dicuri memang sangat menyebalkan. Terlebih didalamnya banyak data-data yang kita simpan dan masih kita butuhkan seperti foto, kontak nomor handphone teman, dll. Tetapi jangan khawatir, jika hp android anda dicuri, kini bisa dilacak dengan aplikasi android. Anda bisa lihat pada Aplikasi Gratis Melacak Hp Hilang.

Sekarang tidak hanya foto, data, dan file yang ktia sayangkan jika hp hilang, kontak teman pin BBM pun ikut hilang, juga history. Cara mengetahui lokasi hp Android yang hilang sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan.

Melacak HP Android Hilang yang tidak Aktif


Melacak HP Android Hilang yang tidak Aktif


Untuk melacak HP Android yang hilang karena dicuri tentu tidak aktif dan tidak menggunakan kartu sim dan sekalipun aktif pasti SIM Card sudah diganti, Android tersebut harus masih terkoneksi ke akun Google yang digunakan didalam aplikasi Google Play Service. Semua Android yang sebelumnya belum pernah di root dan belum di upgrade menggunakan custom room akan memiliki aplikasi ini. Karena ia merupakan sebuah bloatware. Google sendiri telah menekan agar semua produsen Smartphone dan Tablet yang memproduksi gadget menggunakan system operasi Android harus memasangnya. Jadi, semoga saja dia tidak cukup pintar dan belum mengganti akun google atau melakukan factory reset terhadap Android  tersebut.


1. Melacak Android yang hilang dengan Android Device Manager

Android Device Manager merupakan aplikasi resmi dari Google yang berfungsi untuk melacak Tablet atau HP Android yang sangat mudah untuk digunakan. Aplikasi ini bersifat gratis, dan  tidak memerlukan alat tambahan untuk menggunakannya. Satu-satunya syarat wajib untuk dapat menggunakan alat ini adalah Android anda harus terkoneksi ke akun google, tidak dalam keadaan mati, dihidupkan dan terhubung ke internet. Selain dapat melacak Android, ADM juga memiliki fitur untuk melakukan dering dan wiping. Fitur remote control ini artinya dapat membunyikan Smartphone Android dan menghapus data didalamnya langsung dari jarak jauh.

Caranya, masuk ke Android Device Manager menggunakan akun google dari Android yang hilang dengan menggunakan browser di PC atau laptop. Jika tidak punya bisa datang ke warnet. Setelah masuk, anda akan melihat nama Android yang terkoneksi. Jangan melakukan fitur dering agar dia tidak curiga dengan Android tersebut. Perhatikan saja lokasi saat ini, catat alamat dan waktu atau jam dari lokasi terakhir Android berada. Dari sana, anda bisa langsung coba mendatangi alamat dan lokasi yang telah ditunjukkan oleh ADM. Jika pada ADM hanya menunjukkan keterangan “Lokasi tidak tersedia”, “Terakhir online” lakukan cara ini setiap hari karena kemungkinan Android anda tersebut sedang dalam keadaan mati, tidak terkoneksi ke internet atau memang dia sudah melakukan factory reset. Bagaimana mengatasi masalah ini?  anda bisa lakukan cara kedua

2. Melacak Android yang hilang dengan Google Maps

Google map punya fitur untuk melacak setiap aktivitas yang dilakukan dengan menggunakan GPS yang disebut dengan location history. Fitur ini sebenarnya sudah lama sekali ada. Yang jadi permasalahannya adalah, apakah anda pernah mengaktifkan fitur ini? Sudahkan anda mengijinkan google untuk melacak setiap lokasi yang anda kunjungi sebelum Smartphone atau Tablet tersebut hilang? Entah itu secara lokal maupun saat pergi ke luar negeri, fitur location history ini akan memberikan informasi yang sangat detail. Mulai dari jalan atau track, tanggal (Biasanya diintegrasikan dengan Google Calendar), menampilkan waktu dan jam serta tempat tertentu yang sebelumnya telah terdaftar di google map. Disana anda akan melihat track atau garis berwarna merah yang menandakan ketika anda bepergian. Tetapi jika ternyata kita belum pernah menggunakannya, hanya akan ada keterangan tidak tersedia. Untuk mengetahuiya, periksa di Google Location history

 Jika HP Android anda menggunakan Samsung, anda bisa menggunakan langkah ketiga:


3. Melacak Android yang hilang dengan Samsung Kendali jarak jauh

Khusus bagi pengguna Android dari Samsung. Selain mereka memiliki layanan Samsung Apps, mereka juga memiliki fitur remote control yang dinamakan dengan Find my mobile. Dimana kita bisa melakukan beberapa cara untuk mengendalikannya dari jarak jauh seperti mengunci, melacak, membunyikan, menghapus data bahkan mengirim kita SMS secara otomatis setiap kali Android tersebut telah diganti kartu SIM. Selama Android kita belum di factory reset, meskipun si pencuri sering mengganti sim card dari berbagai operator fitur tersebut akan terus mengirimi kita SMS. Namun sekali lagi, apakah anda telah mengaktifkan fitur samsung kendali jarak jauh?

Lihat Juga  cara Memperbesar kapasitas RAM

Demikian beberapa langkah cara mengetahui lokasi Android yang hilang. Semoga review kali ini bisa bermanfaat bagi anda yang ingin melindungi smartphone android kesayangan anda supaya ketika hilang bisa kembali ke tangan anda lagi. Salam.

Diberdayakan oleh Blogger.