Aplikasi atau Game Sering Menutup dan Keluar Sendiri? Ini Cara Mengatasinya


Bagaimana mengatasi Smartphone yang aplikasinya kadang Aplikasi menutup atau keluar sendiri? Aplikasi yang menutup sendiri bisa disebut sebagai Force Close. Jika sebelumnya kita membahas mengenai Playstore yang menutup sendiri, tetapi jika mengalami Force Close terjadi di hampir semua aplikasi baik yang disimpan dalam memori ponsel maupun yang disimpan dalam kartu memori (eksternal). Munculnya Force Close terjadi karena beberapa hal tidak hanya satu faktor saja.

Aplikasi atau game di android menutup sendiri secara tiba-tiba dan hal ini sering terjadi, jangan dianggap remeh karena jika dibiarkan akan berdampak pada kinerja ponsel atau smartphone android anda. Biasanya muncul pesan seperti ini. The application Force Close(process com.android.forceclose)has stopped unexpectedly? Please Try Again. Lalu bagaimana mengatasi masalah aplikasi keluar sendiri seperti ini? Berikut beberapa hal penyebab dan cara mengatasi aplikasi  atau game yang keluar sendiri atau menutup sendiri:

mengatasi Force Close

Cara Mengatasi Force Close (Aplikasi Menutup dan Keluar Sendiri)



1. Kemungkinan pertama terjadinya Force close akibat versi dari aplikasi dengan spesifikasi smartphone tidak compatible atau tidak cocok. Misalnya saja aplikasi “A” yang dibuat untuk Android Kitkat, bisa jadi akan menimbulkan masalah bila dipakai di Android ICS atau kebalikannya. Hal ini dapat timbul akibat kebiasaan menggunakan “sideloading” dengan menginstall APK nya secara langsung, sehingga masalah kompatibilitas tidak terfilter dengan baik. Atau kita mengunduh aplikasi dari komputer dan langsung dipindah smartphone kemudian install. Solusinya, hapus aplikasi yang menurut anda mencurigakan, lalu install melalui playstore saja.

2. Kemungkinan kedua, aplikasi pemanggil tidak ada. Misalnya kita melihat memori internal penuh, lalu memindahkan sebagian folder yang kita tidak tahu dari memori internal ke memori eksternal, tanpa tahu folder tersebut dibutuhkan oleh aplikasi tertentu untuk berjalan. Maka pada saat aplikasi tersebut dijalankan, yang seharusnya membaca file-file yang ada di folder di memori internal, folder tersebut sudah tidak ada karena sudah dipindahkan dari tempat seharusnya berada, maka aplikasi tersebut akan force close. Solusi yang dapat Kita ambil adalah dengan mengembalikan satu persatu kembali folder-folder tersebut ke tempat asal nya. Jika sudah lupa dan kesulitan mengingat satu persatu lokasi folder seharusnya berada, maka lakukan factory reset.

3. Kemungkinan ketiga, force close bisa timbul karena spek tidak sesuai, misalnya untuk menjalankan aplikasi A dibutuhkan RAM 50 MB, sedangkan RAM yang tersisa tinggal 30MB, maka dapat dipastikan aplikasi A tersebut akan force close dengan sendirinya. jika RAM terlalu penuh, karena banyak aplikasi jalan di sana, maka aplikasi yang tidak kebagian cukup tempat akan force close. Solusinya jangan terlalu banyak membuka aplikasi secara bersamaan, atau tup dahulu aplikasi yang tidak terpakai.

4. Bisa juga force close disebabkan karena kurangnya fasilitas hardware dari smartphone itu sendiri, misalnya ada aplikasi yang membutuhkan kamera depan, tetapi smartphone kita tidak memilikinya, maka ketika dijalankan akan tidak sesuai dengan parameter kebutuhan hardware-nya dan akan secara otomatis force close

Lihat Juga Mengatasi HP muncul Memori Penuh

Nah, jika kemungkinan diatas sudah dilakukan namun tetap saja force close ada baiknya lakukan pengaturan ulang atau factory reset yang terdapat pada menu setting agar smartphone anda bisa kembali segar. Demikian mengenai cara mengatasi force close aplikasi menutup sendiri. Semoga bisa bermanfaat untuk anda. Salam
Aplikasi atau Game Sering Menutup dan Keluar Sendiri? Ini Cara Mengatasinya | Revie Hapsari | 5