Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Diinstall di Android


DandanPonsel - Bagaimana Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Diinstall di Android? Dan apa yang menyebabkan aplikasi tidak bisa diinstall atau selalu gagal saat install aplikasi di hp android kamu? kal ini kita akan bahas mengenai kemungkinan-kemungkinan penyebab dan cara mengatasi aplikasi yang diinstall tidak bisa. Pernah mengalami hal ini? setelah kita mengunduh di PlayStore dan selelsai tiba-tiba gagal memasang aplikasi tersebut. Yuk kita bahas.

Aplikasi gagal diinstall di android kadang terjadi secara tiba-tiba, artinya sebelumnya tidak ada masalah tetapi kini selalu gagal menginstall aplikasi meskipun kita coba menghapus beberapa aplikasi lain yang tidak diperlukan. Ada kemungkinan aplikasi yang ingin dipasang tidak sesuai dengan hardware atau software smartphone android kita, sekalipun HP atau smartphone android milik kita merupakan smartphone dari pabrikan terkenal seperti HP Samsung, Sony, LG, Advan, Oppo dan lain-lain, karena itu bukan jaminan mengenai kegagalan pemasanagn aplikasi ini

Aplikasi yang gagal terpasang biasanya akan muncul pesan error, misalnya "not enough space on device" atau "out of space" dan lain-lain. Pesan inilah yang bsia kita jadikan acuan untuk Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Diinstall di Android kita.

Aplikasi Android yang tidak bisa diinstall atau gagal pemasangan disebabkan banyak faktor, seperti misalnya tidak sesuai versi atau tidak kompatibel(compatible) antara aplikasi yang kita unduh dengan versi android di Smartphone atau tablet android yang kita punya. Atau bisa juga pernah memasang aplikasi tersebut dan meningalkan bekas sehingga bisa jadi menyebabkan error. Untuk selengkapnya mengenai penyebab aplikasi android gagal pemasangan, di bawah ini akan kita paparkan :

Penyebab Aplikasi Gagal Memasang di Android

 Ada beberapa penyebab yang menjadikan aplikasi tersebut gagal diinstall, diantaranya:

1. Versi dari sistem operasi OS android tidak sesuai/not compatible. Hal ini biasanya dialami oleh pengguna yang mengunduh aplikasi tidak dari PlayStore atau aplikasi yang minta dari teman. Sehingga bisa jadi aplikasi tersebut tidak support dengan versi android milik kita. Karena setiap aplikasi android memiliki spesifikasi untuk bisa dipasang di beberapa versi android saja. Ada baiknya setiap menginstall atau memasang aplikasi lakukan dengan melalui PlayStore

2. Masih terbukanya aplikasi di Smartphone kita. Jadi jika masih ada aplikasi lain yang sedang berjalan, akan mempengaruhi pemasangan aplikasi baru. Memang, tidak semua aplikasi yang dapat menyebabkan hal ini, biasanya terjadi antara aplikasi yang memiliki fungsi sama.

3. Memory tidak cukup sehingga menyebabkan gagal pemasangan. Hal ini biasa terjadi seperti halnya pada poin 1 yaitu mendapatkan aplikasi tidak melalui PlayStore.

4. Sisa history atau Cache masih ada. Ini dialami oleh pengguna Android yang mencopot atau unninstall suatu aplikasi dan tiba-tiba ingin mengunduh lagi, jika terjadi error berarti diakibatkan oleh sisa Cache yang belum berish sehingga menyebabkan error.

Untuk mengatasinya secara umum, berikut cara-cara mengatasi Aplikasi yang tidak bisa diinstall di Android:

Cara Mengatasi Kesalahan dalam Pemasangan Aplikasi di Android




1. Jika kegagalan pemasangan aplikasi akibat Memory yang penuh atau RAM yang digunakan, ada baiknya hapus beberapa aplikasi yang tidak digunakan agar membantu meningkatkan kinerja ponsel atau tablet android kamu.

2. Lakukan pembersihan RAM secara berskala. Buka Task Manager >> RAM >> Clear Memory

3. Disarankan selalu menginstall aplikasi dari Google PlayStore

4. Jika gagal pemasangan aplikasi diakibatkan oleh aplikasi yang pernah kamu install dan sudah dihapus, berarti yang perlu dilakukan adalah menghapus data history dan folder yang masih tersisa. Caranya dengan membersihkan cache serta data pada aplikasi google plays store, buka Setelan (setting) > Apl/Apps > Running > Google Play Store > Clear Cache dan Clear Data serta Force Stop aplikasi Play Store tersebut. Jika melakukan ini akan mengakibatkan akun gmail/google kamu sign out, jadi jika lupa password disarankan untuk tidak melakukan ini.

5. Selain itu juga perlu untuk membersihkan cache pada aplikasi android seperti google chrome, facebook, BBM, serta perangkat lunak lainnya. Caranya buka Setelan (setting) > Apl/Apps > Downloaded lalu buka perangkat lunak satu persatu lalu bersihkan. Hal ini akan membersihkan aplikasi atau data yang tidak perlu sehingga kapasitas memory yang kosong bisa bertambah.

6. Jika memang semua langkah diatas sudah dilakukan tetapi masih belum bisa menginstall, lakukan factory reset. Caranya dengan membuka di pengaturan.

Lihat Juga Aplikasi Kamera Tembus Pandang di Android

Demikian Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Diinstall di Android, semoga bisa bermanfaat bagi anda yang selama ini ketika menginstall aplikasi android selalu gagal atau terjadi kesalahan pemasangan aplikasi. Salam.

Diberdayakan oleh Blogger.