Cara Mengatasi Error Kamera Android Tidak Dapat Terhubung


DandanPonsel - Pernahkah mengalami HP Android muncul kamera Tidak terhubung? ketika kita akan menggunakan aplikasi kamera pada ponsel android, saat dibuka ternyata muncul pesan 'Kamera Tidak terhubung" atau " Cannot Connect to Camera". Lalu bagaimana cara mengatasi Kamera error di android seperti kasus diatas? setelah sebelumnya membahas mengenai cara memperbaiki android tidak getar,  kali ini kita akan mengupas tentang error kamera tidak terhubung di android.

Kamera Error atau Tidak dapat terhubung berbeda dengan masalah Muncul kamera gagal di Android atau Camera Failed. Biasanya kamera tidak terhubung prosesnya akibat ada beberapa file pendukung kamera yang rusak atau terhapus pada pengelolaan aplikasi. Untuk itu perlu mengecek dahulu software yang digunakan untuk menjalankan kamera.

 Cara Mengatasi Kamera Android Tidak Terhubung


 Cara Mengatasi Kamera Android Tidak Terhubung

Mengatasi Kamera android tidak bisa dibuka atau error dan muncul "Cannot Connect to Camera" Atau  “Tidak Dapat Terhubung Ke Kamera” kita harus tahu dahulu penyebab awal, misalnya terjatuh, kemungkinan besar hardware yang bermasalah, namun jika tidak atau misalnya penyebab akibat ganti part baru seperti habis ganti baterai, atau setelah root, kemungkinan besar adalah software. Untuk mengatasinya perlu melakukan beberapa langakh, diantaranya :


1. Lakukan Reboot atau Resart

Jika analisanya hanya software, jangan buru-buru melakukan hal yang lebih dalam, coba dahulu untuk matikan android, kemudian cabut semua perangkat seperti baterai, SIMCard, MicroSD dll setelah itu baru kemudian coba nyalakan kembali.


2. Hapus Data
Jika masih belum berhasil, coba menuju ke pengaturan >> aplikasi >> kamera >> kemudian klik tombol Hapus Data. Kemungkinan akibat banyaknya history atau cache yang menumpuk sehingga menyebabkan corrupt pada aplikasi.

Jika pada Aplikasi tdiak ditemukan file Kamera, langsung ke nomor 4.

3. Test dengan Aplikasi Lain

Jika masih belum berhasil, coba unduh aplkasi kamera  di Playstore dan coba gunakan kamera. Misalnya mengunduh camera 360, atau B612 untuk memastikan kamera masih berfungsi.

4. Factory Reset
Ada kemungkinan setelah mengunduh aplikasi kamera lain ternyata dan bisa diguanakan berarti kamera hardware tidak ada masalah, atau ada kasus lain ternyata di pengaturan >> Aplikasi ternyata tidak ada file kamera, ada baiknya lakukan Factory reset atau Kembali ke pengatraun Awal. Sebelum melakukan ini, pastikan data anda simpan dahulu(Back-up) untuk menghindari data atau akun yang terhapus dan kita lupa sandinya.

5. Root

Jika cara diatas semuanya gagal, hal terakhir adalah, lakukan root dan flash kembali dengan aplikasi android baru agar semua aplikasi bawaan dari android (termasuk perangkat kamera) dapat digunakan kembali. Karena kemungkinan ada salah satu file Kamera atau file android pendkung kamera telah rusak atau corrupt sehingga perlu ditanam ulang.

Lihat Juga Mengatasi Android terkena Virus

Sebenarnya, jika setelahmenggunakan aplikasi kamera alin juag tdiak dapat digunakan, kemungkinan lainnya berarti hardware, seperti misalnya, salah satu jalur ke kamera rusak atau sebelumnya jatuh dari tenpat yang tinggi. Sehingga jika memang hardware kita perlu ke tempat service.

Demikian cara mengatasi kamera tidak dapat terhubung. Semoga tulsian ini bisa bermanfaat untuk anda. Salam.

Diberdayakan oleh Blogger.