Cara Menghilangkan Bercak Hitam di Layar Sentuh (LCD)


DandanPonsel -Apa penyebab Layar sentuh Android ada titik atau bercak hitam? dan bagaimana cara mengatasi layar hp bercak hitam tersebut. Ada banyak jenis permasalahan yang terjadi pada layar sentuh atau touchscreen. Mulai dari layar sentuh error, LCD Blank Putih, LCD tergores, Layar sentuh Bergaris, dan lain sebagainya. Nah kali ini kita akan mengangkat masalah mengenai layar sentuh muncul bercak hitam. Untuk Menghilangkan Bercak Hitam di Layar Sentuh (LCD) memang perlu mengetahui apa yang menjadi penyebab karena beda penyebab beda pula penanganannya, misalnya LCD bocor, atau akibat benturan, atau munculnya bercak karena layar sudah retak, dll.

LCD HP muncul bercak hitam biasanya diakibatkan oelh banyak faktor. Selain memang umur pakai dari touchscreen yang memang sudah waktunya rusak, ada juga faktor yang mempercepat kerusakan. Munculnya titik-titik atau bintik hitam di layar kemungkinan besar akibat adanya kebocoran pada LCD sehingga menyebabkan udara masuk pada cairan di dalam layar dan menyebabkan lingkaran hitam di layar sentuh anda. Ciri-ciri yang paling terlihat adalah ada bercak hitam campur garis-garis di layar. Besarnya bercak atau bintik bergantung tingkat kerusakannya. Semakin besar bercaknya berarti sudah parah kerusakannya atau kebocorannya. Lalu bagaimana cara mengatasinya? jangan buru-buru berfikir untuk mengganti LCD sebelum anda mencoba langkah dan cara di bawah ini:

Mengatasi Touchscreen Muncul Bercak Hitam

Mengatasi Touchscreen Muncul Bercak Hitam

Mengatasi Layar bintik hitam atau noda hitam akibat LCD yang bocor, sebenarnya sangat mudah. TEtapi cara ini bukan sepenuhnya mengatasi, namun hanya mengurangi bintik htiamnya jika itu memang belum merupakan kerusakan yang parah. Berikut trik cara menghilangkan bintik hitam di LCD HP :
  1. Langkah pertama, matikan ponsel atau smartphone anda dan buka casingnya.
  2. Kemudian lepas baterai, SIMCard, dan juga kartu memori di dalamnya.
  3. Selanjutnya masukkan ke dalam wadah plastik bening dan tutup rapat. PAstikan tidak ada kebocoran pad plastik tersebut
  4. Kemudian masukkan ke dalam kulkas pada ruang freezer(bagian paling atas pada lemari es) 
  5. Tunggu sekitar kurang lebih 6 sampai 8 jam kemudian keluarkan
  6. Setelah dikeluarkan, buka plastikpembungkusnya dan diamkan agar suhu menjadi normal sambil dilap
  7. Untuk mempercepat, bsia dengan menyemprotnya dengan angin (kompresor) atau ditaruh di depan kipas angin
  8. Jika sudah benar-benar kering dan tidak muncul embun, pasang baterai, kartu SIM, dan juga memori card kemudian nyalakan ponsel anda
  9. Bila kerusakan atau kebocoran belum parah, maka bintik hitam benar-benar hilang, namun jika sudah parah, biasanya setelah melakukan langkah diatas hanya mengurangi bercak saja, tidak bisa hilang sepenuhnya.
Jika cara diatas hanya mengurangi bercak saja, kemungkinan besar memang perlu mengganti LCD karena kebocorannya sudah terlalu parah. Namun cara diatas setidaknya dapat dicoba untuk mengurangi jumlah atau besarnya bercak hitam di layar sentuh hp anda. Agar bercak tidak kembali membesar disarankan untuk tidak menggunakan ponsel saat sedang dicas, atau ketika menggunakan ponsel dan sudah terlalu panas(biasanya untuk game) segera hentikan. Intinya minimalis panas ponsel agar bercak tidak kembali membesar.

Anda juga bisa membaca permasalahan layar sentuh lainnya seperti :

Demikian cara menghilangkan noda hitam di layar sentuh hp anda. Jika memang cara diatas hanya mengurangi bercaknya saja, berarti memang sudah saatnya diganti. Penggantian LCD memerlukan biaya yang bervariatif tergantung merk dan tipe ponsel masing-masing. Untuk penggantian biasanya berkisar antara 300 sampai 500 ribu tergantung lebar layar dan tipe smartphone anda. Salam

Diberdayakan oleh Blogger.