Cara Melacak iPhone Hilang yang Tidak Aktif

Tips iPhone - Bagaimana Cara Melacak iPhone yang Hilang? Jika sebelumnya kita sudah membahas mengenai Melacak Android hilang kartu Sim Mati, kali ini akan membahas iPhone yang hilang bagi pengguna iPhone yang mengalami kehilangan ponselnya.  iPhone atau iPad adalah salah satu produk elektronik keluaran dari apple. Keduanya memiliki sistem smartphone yang sangat canggih. Selain desainnya yang elegan dan fitur-fitur yang bagus, kalian juga harus merogoh kocek yang dalam untuk membelinya. Maka dari itu, jika orang-orang telah memiliki iPhone / iPad pasti akan sangat dijaga. Tetapi sekuat apapun kalian menjaganya, jika terdapat nasib buruk juga tak ada yang tahu. Bisa saja saat kalian berjalan, iPhone / iPad kalian terjatuh tanpa kalian sadari, atau bahkan jika iPhone / iPad kalian dicuri orang. Itu nasib yang sangat tidak menguntungkan.

Melacak iPhone Hilang itu kini lebih mudah. Kalian boleh bersedih, tetapi kalian juga harus menindak lanjuti hal tersebut. iPhone atau iPad sendiri mempunyai fitur pengaman yang sangat baik. Kalian bisa memanfaatkan dan mempergunakannya dengan baik. Untuk lebigh jelasnya berikut beberapa langkah yang bisa diambil untuk mengetahui mengatasi iPhone yang hilang :

Cara Mencari iPhone atau iPad yang Hilang


Kemungkinan kalian kehilangan iPhone / iPad kalian hanya ada dua, dicuri atau hilang terjatuh di suatu tempat tanpa kalian menyadarinya. Apabila hal ini terjadi pada kalian. Kalian harus tetap tenang dan mencoba mengatasinya dengan baik, langkah-langkah yang bisa kalian lakukan adalah sebagai berikut :

Jika 'Cari iPhone Saya' dinyalakan, hal itu bisa kalian gunakan agar perangkat kalian ditemukan.

Apabila Fitur 'Cari iPhone Saya' tidak dinyalakan, cara yang  bisa dilakukan adalah mengubah kata sandi, kemudian laporkan kehilangan perangkat.

Apabila 'Cari iPhone Saya' aktif di perangkat kalian yang hilang, maka kalian bisa memanfaatkan Cari iPhone agar perangkat kalian ditemukan dan bisa mengambil tambahan yang dapat membantu kalian agar data kalian bisa dipulihkan dan tetap aman. Caranya yaitu :
  • Login ke icloud.com/find di Mac atau PC, atau gunakan app Cari iPhone Saya di iPhone / iPad.
  • Setelah login, Buka 'Cari iPhone Saya', kalian pilih perangkat yang digunakan untuk melihat lokasinya di peta. Apabila perangkat ada di sekitar kalian, kemudian atur untuk membunyikan perangkat agar kalian terbantu atau seseorang di sekitar kalian bisa ikut membantu menemukan.
  • Aktifkan Mode Hilang. Ketika kalian menggunakan mode tersebut, maka perangkat yang kalian temukan dari jarak jauh bisa terkunci dengan kode sandi yang kalian buat. Kalian bisa menampilkan pesan khusus dengan nomor telepon kalian di kunci layar pada ponsel yang hilang, teruslah melacak lokasi perangkat. 
  • Jika kalian menambahkan kartu kredit atau debit ke Apple Pay, maka pembayaran yang biasanya dilakukan Apple Pay akan ditangguhkan hingga kalian memasukkan alat dalam Mode Hilang.
  • Selanjutnya laporkan kepada pihak yang berwajib atas hilang atau dicurinya ponsel atau perangkat kalian. Biasaya pihak yang berwajib akan meminta nomor seri perangkat kalian. Temukanlah nomor seri perangkat kalian.
  • Untuk menjaga sesuatu hal terjadi lakukan penghapusan data. Orang lain bisa saja mengakses data di perangkat kalian yang hilang, membuka informasi kartu kredit, dll, maka dari itu kalian bisa menghapusnya dari jarak jauh. Tetapi jangan lupa, penghapusan ini dilakukan ketika lokasi iPhone sudah benar-benar ditemukan, karena dengan melakukan penghapusan ini, fitur 'Cari iPhone Saya' juga sudah tidak bisa kita gunakan karena data sudah bersih dan kunci aktivasi akan mati seperti iPhone baru.
  • Selanjutnya, kalian dapat melaporkan perangkat kalian yang hilang atau dicuri kepada operator nirkabel, agar mereka menonaktifkan akun untuk mencegah pesan teks, panggilan, dan penggunaan data. Ponsel kalian akan terlindungi dalam perangkat paket nirkabel.

Apabila kalian menggunakan fitur 'Keluarga Berbagi', setiap anggota keluarga kalian dapat membantu menemukan perangkat kalian atau perangkat keluarga lain yang hilang. Anggota keluarga bisa join untuk login ke iCloud dengan ID Apple, kalian bisa menemukan perangkat yang terkat dengan akun 'Keluarga Berbagi' tersebut.

Keadaan yang agak buruk, terjadi saat iPhone / iPad kalian sedang off atau offline. Tetapi kalian masih bisa memasukkannya dalam Mode Hilang, menguncinya, atau menghapusnya dari jarak jauh. Hal itu akan bereaksi ketika iPhone / iPad kalian yang hilang diaktifkan kembali. Saat akun offline dan kalian menghapus perangkat dari akun, maka semua tindakan yang tertunda akan dibatalkan.

Cara Melacak iPhone Hilang Tidak Aktif


Apabila kalian tidak mengaktifkan 'Cari iPhone Saya' tidak diaktifkan dalam iPhone / iPad kalian yang hilang.

Maka kalian bisa melakukan hal di bawah ini :
1.    Ubahlah kata sandi ID Apple Anda. Untuk pencegahan orang lain mengakses data-data kalian.
2.    Ubah kata sandi untuk akun internet lainnya pada iPhone / iPad kalian.
3.    Melaporkan kehilangan atau pencurian perangkat Anda kepada pihak berwajib setempat. Pihak Berwajib dapat meminta nomor seri perangkat Anda. Temukan nomor seri perangkat Anda.
4.    Melaporkan iPhone / iPad kalian yang hilang atau dicuri ke operator nirkabel kalian. Operator kalian dapat menonaktifkan akun, mencegah panggilan telepon, teks, dan penggunaan data.

Hal yang paling penting untuk melacak iPhone atau iPad adalah aplikasi 'Cari iPhone Saya'. Jika sebelumnya anda belum pernah menggunakannya atau belum pernah mengaktifkannya, maka akan susah melacak dan menemukan lokasi iPhone berada.

Demikian mengenai cara melacak iPhone yang Hilang. Semoga bisa memberikan kemudahan bagi yang mengalamai kehilangan iPhone. Salam.
Cara Melacak iPhone Hilang yang Tidak Aktif | Revie Hapsari | 5