Penyebab dan Cara Mengatasi Error 505 di PlayStore


Bagaimana  Cara Mengatasi Error 505 di PlayStore? Play store merupakan aplikasi bawaan dari Android guna untuk mempermudah pengguna untuk mengakses aplikasi yang yang mereka inginkan dengan cara menginstall atau mendownload dari play store tersebut. Adanya playstore ini memaksimalkan perangkat menjadi lebih baik karena di dalamnya tersedia banyak aplikasi yang menjadikan sarana hiburan seperti game.  Ketika kita menggunakan PlayStore, terkadang kita menemukan kesalahan dan hanya muncul kode angka saja. Apa maksud dari kode error tersebut, dan bagaimana cara memperbaikinya? Nah kali ini kita akan membahas mengenai Error dengan muncul kode angka 505.

Error 505 di playstore terjadi akibat beberapa faktor. Kesalahan playstore Error 505 atau "Unknown Error Code During Application Install" ini ternyata tidak terjadi pada install aplikasi yang baru saja, tetapi saat memperbarui suatu aplikasi juga sering terjadi demikian. Tentunya cukup kesal dan jengkel ketika menemui tulisan Error 505 tersebut, karena aplikasi yang sudah berhasil kita install tidak muncul pada menu aplikasi dan selain itu kita tidak dapat menghapus atau menguninstall aplikasi tersebut karena aplikasi ini bersembunyi di sistem. Selain munculnya error 495, error 491, error 504, dan error 941, ternyata error 505 di playstore juga bisa muncul dengan keterangan Unknown Error Code During Application Install.

Lalu bagaimanakah cara untuk mengatasi jika kita mengalami Error 505? Jangan khawatir ya, sekarang kami akan menjelaskan bagaimana cara mengatasi jika play store menemui tulisan Error 505. Untuk itu sebelum kita simak cara mengatasinya kita harus mengetahui apasih penyebabnya.


Penyebab Error 505 di PlayStore

 Beberapa penyebab munculnya error 505 di playstore diakibatkan oleh:
  • Aplikasi yang di install tidak support pada sistem android yang anda miliki.
  • Terlalu banyak cache atau sampah pada sistem android.
  • Adanya sebuah kesalahan kode pada akun Google anda.
Cara Mengatasi Error 505 di PlayStore

Cara Mengatasi Error 505 di PlayStore

Ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan untuk menanggulangi munculnya error 505, antara lain :

Restart Smartphone
Salah satu cara yang simpel sebelum kita melakukan banyak cara, adalah dengan melakukan restart ponsel anda. Jika pada ponsel memiliki fitur tomol restart gunakan utnuk melakukan restart, tetapi jika error 505 menyebabkan ponsel tidak bergerak layarnya, maka lepas baterai dan pasang kemudian nyalakan kembali. Hal ini merupakan salah satu cara efektif untuk mengembalikan kinerja ponsel atau smartphone anda.

Clear Chache
Jika masih muncul error 505, lakukan pembersihan sampah history atau cache yang terdapat di smartphone anda mulai dari download manager, Playstore, dan juga service Framework. Caranya :
  •  Pertama, buka menu setting atau pengaturan pada hp android milik anda
  • Kemudian, pilih menu manajemen aplikasi.
  •  Lalu pilih aplikasi (Download Manager, Play Store dan Google Service Framework) dan klik clear cache atau delete cache di masing-masing aplikasinya
  • Setelah itu lakukan restart kembali

Hapus Akun atau Ganti Akun Baru
Nah, bila kedua cara diatas masih menyebabkan error 505, kemungkinan akun google anda terdeteksi spam. Ada baiknya anda menghapus akun gmail anda dari setelan google, caranya :
  • Buka menu setting atau pengaturan pada hp android anda.
  • Pilih Akun dan klik akun Google.
  • Setelah itu remove atau hapus akun google yang terdaftar di akun tersebut.
  • Jika sudah, matikan dan nyalakan kembali ponsel android anda
  • Masukkan akun google yang dihapus tadi lengkap dengan passwordnya
  • Jika masih error, hapus kembali dan buat akun google baru untuk menghilangkan error 505
  • Langkah pembuatannya cukup ikuti petunjuk hingga selesai

Reset Factory
Jika tiga cara diatas masih belum memberikan perubahan terhadap problem 505 di playstore, maka langkah terakhir adalah reset factory. hal ini kemungkinan ada crash pada sistem android, sehingga perlu melakukan reset ke pengaturan awal untuk mengembalikan crash yang terjadi. cara melakukan reset factory :
  • Buka menu Pengaturan atau setting
  • Pilih menu back-up 
  • Klik Reset factory atau 'kembali ke pengaturan pabrik'
  • Tunggu beberapa saat hingga proses selesai
  • Ponsel akan melakukan restart ulang
  • Setelah itu masukkan akun gmail lama anda atau bisa membuat baru untuk menghindari terjadinya error 505 kembali.
 Mudah kan mengatasi error 505 playstore? Jika anda memiliki permasalah lain seputar Playstore, kami memiliki beberapa solusi, diantaranya :

Nah jika anda mengalami permasalahan seputar ponsel android, jangan buru-buru melakukan service atau membongkarnya, karena secara sistem, Android sudah memiliki kecanggihan sehingga terkadang hanya perlu melakukan beberapa hal seperti restart saja sudah bsia mengembalikan dan menghilangkan permasalahan yang muncul. Semoga informasi di atas dapat memberikan kemudahan bagi yang menghadapi masalah error 505 di playstore atau  "Unknown Error Code During Application Install" yang muncul tiba-tiba. Salam.

Diberdayakan oleh Blogger.