Cara Cepat Buka atau Extract File RAR dan ZIP di Android


Adakah Cara Membuka atau Extract File RAR dan ZIP di Android? Bagi beberapa orang terkadang menemui kondisi dimana mendapatkan file berjenis atau berekstensi Rar atau Zip dan kita perlu membukanya melalui smartphone android. Misalnya saja mengunduh aplikasi tertentu tdiak dari Google Play store dan filenya berbentuk Rar atau Zip sehingga untuk mengeluarkan Apk didalamnya perlu dilakukan extract dahulu. Bisakah membuka file Rar atau extract file Zip di hp android? Merubah file rar di android atau extract file zip di android sebenarnya bisa dilakukan dengan sistem operasi berbasis android melalui smartphone.

Cara Buka File RAR dan ZIP di Android perlu menggunakan aplikasi khusus karena bawaan hp android kebanyakan tidak ada, walaupun kini beberapa sudah tersedia untuk merk ponsel android tertentu. Untuk anda yang menggunakan polse android tak harus memindahkan file Zip atau Rar ke laptop ataupun komputer hanya untuk melakukan extract karena kini membuka file zip dan Rar bisa dilakukan melalui android.

Zip dan Rar adalah sebuah ekstensi file kompresi yang memungkinkan beberapa file untuk dikumpulkan menjadi satu file dan dengan ukuran yang lebih kecil. Dengan melakukan Zip dan Rar dapat membantu memudahkan pemidahan beberapa file bersamaan dalam satu file. Selain itu kelebihannya adalah file di dalam rar atau Zip bisa dikompresi sehingga ukurannya bisa lebih kecil dari jumlah total aslinya. Kelebihan lainnya, dengan file Zip atau Rar maka file ini tidak rawan terkena virus. Zip dan Rar memang memiliki fungsi yang hampir sama, namun sebenarnya jenis file ini berbeda. Zip menggunakan algoritma Deflate. Sedangkan rar menggunakan algortima LZMA

Bagi yang memiliki file Rar atau Zip yang tersimpan di android, ada cara yang bisa dilakukan untuk ekstrak file zip atau rar tanpa harus memindahkannya ke komputer dahulu.

Cara Extract File AR dan ZIP di Android

Cara Extract File AR dan ZIP di Android

Untuk membuka file Rar dan Zip di android bisa dilakukan dengan langkah :
  • Dalam membuka atau melakukan extract file Rar atau Zip diperlukan aplikasi khusus yang bisa diunduh melalui play store. Ada banyak pilihan aplikasi gratis seperti Rar For Android, AndroZip, WinZip Zip Unzip Tool, dll. Kali ini saya pakai AndroZip karena lebih mudah
  • Setelah unduhan selesai dan terinstall di ponsel android anda, buka lokasi dimana file Rar atau Zip yang akan diextract berada.
  • Kemudian centang file rar tersebut pada kotak kanan
  • Setelah itu klik bagian atas untuk melihat pilihan. Pilih 'Extract File Here'
  • Tunggu hingga proses extract selesai
  • Setelah selesai, maka file yang didalam rar atau Zip tadi sudah berada di luar Rar sehingga anda bisa langsung membukanya.
Jika Rar didalamnya mengandung foder maka akan membentuk folder baru. Jika anda menggunakan AndroZip seperti saya, jangan lupa untuk mengetahui beberapa perintah dan artinya, antara lain :
  • Extract Here = langsung mengekstrak file di folder tersebut.
  • Extract to : memilih folder terlebih dahulu untuk file hasil ekstrakan.
  • View Archive : Melihat isi file.rar sebelum diekstrak.
  • Send : mengirim file ke beberapa folder pilihan.
Bagi yang menggunakan aplikasi "Rar For Android" biasanya bukan tulisan 'Extract File Here' melainkan hanya menggunakan icon extract saja.  Tekan tombol icon tersebut maka akan mengextract file yang tercentang hingga selesai. Aplikasi Rar For Android mendukung beberapa file untuk bisa membuka, diantaranya seperti eksensi file Rar, Zip, Tar, Gz, Bz2, Xz, 7z, Iso, Arj,

Untuk yang mengalami ekract file dengan file rar yang dipecah beberapa part, anda bisa membaca caranya di Cara Menggabungkan file Iso dan Rar yang ber-part.

Untuk yang memiliki ponsel android dengan akapasitas memori kecil, mungkin perlu cara bagaimana mmperbesar kapasitas RAM dengan mengambil memori dari eksternal. Anda bisa membacanya di Cara Menambah RAM di HP Android. Atau jika kekurangan memori telepon dan ingin menghapus beberapa aplikasi bawaan google, anda bisa membaca di Cara Menghapus aplikasi bawaan android.

Demikian cara membuka file Zip dan Rar di HP Android yang bisa anda coba ketika mendapatkan file berekstensi RAR atau ZIP. Semoga cara extract Rar dan Zip diatas bsia membantu yangs edang kesulitan mengubah atau membuka file di dalam Rar pada ponsel android. Salam

Diberdayakan oleh Blogger.