Cara Mengatasi HP Baterai Tanam Ketika Hang atau Macet


Dandan Ponsel - Gimana ya cara mengatasi hp macet baterai tanam? Kadang pertanyaan seperti ini muncul untuk pengguna smartphone yang baru menggunakan hp dengan baterai tanam atau non-removable baterai. Jika biasanya ketika hp hang atau ngelag kita menggunakan cara copot baterai kemudian pasang kembali, ketika menggunakan smartphone baterai tanam cara ini tentu tidak berlaku. Lalu bagaimana caranya melakukan restart hp baterai tanam sedangkan layar hang dan layar tidak bisa bergerak saat disentuh.

Mengatasi hp Hang macet baterai tanam ini bisa dibilang seperti bagaimana cara restart paksa hp baterai tanam. Yang paling sering terjadi masalah ini adalah hp samsung yang biasanya memiliki spesifikasi yang tinggi namun dengan kapasitas ram rendah dan menyebabkan sering hang atau ngelag saat main game. Atau banyak dikeluhkan oleh pengguna Xiaomi, Oppo, Vivo, dan juga Advan. Nah, bagaimana cara mematikan atau cara restart paksa hp android saat hang? ada beberapa tips yang bisa kita bagikan dan cara yang mungkin bisa membantu anda ketika mengalami masalah ini.

Cara Mengatasi Android Hang atau Macet Baterai Tanam


cara mengatasi hp macet baterai tanam

Untuk mengatasi android hang bagi hp yang menggunakan baterai tanam, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, antara lain :

1. Hard Reset dengan Tombol
Cara yang paling mudah untuk mengakhiri hang di HP Android adalah dengan melakukan restart paksa. Beberapa tipe dan merk ponsel memiliki cara yang berbeda-beda. Anda bisa mencari sesuai dengan merk ponsel anda, tetapi secara umum caranya adalah :

Cara Restart Paksa HP android Bateri Tanam

Untuk melakukan Hard Reset:
  • Tekan tombol Volume Down atau (-) bersamaan dengan tombol Power
  • Tekan Bersamaan dan tahan beberapa saat
  • Tunggu hingga smartphone mati kemudian lepas
  • Smartphone akan Restart dan menyala Kembali

2. Hard Reset dengan Lubang
Beberapa smartphone memiliki lubang kecil sebagai tombol untuk melakukan reset. Yang memiliki tombol ini biasanya tablet seperti Tablet Advan, Samsung Note, HTC, dan beberapa brand lain yang menambahkan tombol ini sebagai pengganti copot baterai karena menggunakan baterai tanam. Anda bisa mencarinya di area dekat dengan slot micro SD atau memori eksternal atau biasanya ada di bagian bawah smartphone sesuai dengan gambar di bawah ini.

cara hard reset android hang baterai tanam


3. Hard Reset dengan Recovery Mode
Hampir sama dengan cara nomer satu tetapi untuk cara ini bisa dilakukan ketika memang reset pada nomor satu tidak berpengaruh. Jika poin satu menyarankan untuk restart paksa dengan tombol, kali ini dengan menggunakan tombol tetapi masuk ke recovery mode. Dengan cara ini anda bisa memilih untuk melakukan reboot hp atau memilih untuk reset factory, caranya :
  • Tekan tombol Power bersamaan dengan tombol Home
  • Tekan Bersamaan dan tahan beberapa saat
  • Tunggu hingga smartphone mati kemudian lepas dan tunggu beberapa saat sampai muncul system
  • Jika berhasil, maka akan muncul sistem dan permintaan persetujuan masuk ke 'Safe Mode" pilih YA
  • Setelah itu kita akan dibawa masuk ke recovery mode
  • Pada menu recovery mode ada beberapa pilihan, Anda bisa menyesuaikan sesuai kebutuhan. Jika masih dalam batas normal hang atau interval dari munculnya masalah ini tidak mengganggu maka anda bisa melakukan reboot saja dengan memilih menu "Reboot system Now" 
  • Jika sudah terlalu sering hang, biasanya saya akan memilih reset factory atau kembali ke pengaturan awal atau biasanya menggunakan kata "Wipe Data" agar tidak muncul masalah ini kembali. 
  • Jangan lupa kelemahan dari cara ini adalah semua data yang ada di memori HP akan hilang dan bersih seperti kita membeli smartphone baru.
  • Tunggu hingga reboot atau reset factory selesai sesuai dengan yang kita pilih tadi
  • Smartphone akan Restart dan menyala Kembali
Cara mengatasi bootloop baterai tanam ini setelah hp kembali normal dan sudah tidak hang, ada baiknya lakukan clearing atau pembersihan cache, kurangi beberapa aplikasi berat dengan menonaktifkan notifikasi. Matikan juga update otomatis dari semua aplikasi agar kinerja smartphone menjadi ringan dan tidak kembali terjadi hang pada smartphone saat sedang kita gunakan. Jika hang sering terjadi saat anda bermain game, anda bisa mencoba Tips agar android tidak hang saat main game.

Kami yakin bahwa setelah melakukan langkah-langkah di atas, HP anda bisa restart kembali. Namun untuk permasalahan hang kembali atau tidak akan berbeda kasus menangani mengapa hp android mudah ngehang atau ngelag, istilahnya biasanya Bootloop. Anda bisa mendiskusikan masalah hang untuk baterai tanam anda di kolom komentar agar kami mengetahui cara mengatasi Hang HP android baterai tanam dari teknik yang kami berikan efektif. Salam.

Diberdayakan oleh Blogger.