Cara Mengatasi Smartphone yang Dicharger tidak Masuk


Bagaimana cara mengatasi HP yang dicharger atau dicas tidak masuk? Nah, mungkin ada yang mengalami hal ini, Pengisian daya atau baterai pada hp smartphone atau android dicas tidak masuk, pengisian tidak berjalan normal. Lalau apakah baterai nya yang rusak, atau hp anda yang rusak, atau hanya soketnya yang rusak? jangan buru-buru ke tukang service, mari kita cek dahulu.

Masalah HP dicas tidak masuk atau tidak penuh disebabkan biasanya tidak terjadinya pengisian ketika charger ditancapkan. Atau meski itu terjadi, maka daya yang masuk sangat kecil dan membuat pengisian menjadi lambat (Lebih besar pamakaian dari pada pemasukan daya pada baterai). Atau hp dicas tapi tidak penuh penuh. Kejadian ini merupakan hal yang sangat umum dan paling banyak dipertanyakan. Kapasitas baterai merupakan salah satu hal yang menunjang kelancaran berkomunikasi pengguna smartphone. Namun ada beberapa kendala yang sering merusak mood kita akibat Hp android tidak mau di cas. Masalahnya terkadang terletak pada baterai hp, port USB dll. Bagaimana cara mengatasinya?

hp dicas tidak masuk atau tidak penuh penuh


Cara Mengatasi Ponsel yang Dicharger tidak Masuk


Cek soket Port USB
hal pertama adalah mengecek soket. Coba mengamati permukaan logam pada socket USB,mungkin diantara kedua ujung dan socket pada ponsel sangat kotor sehingga menghambat pengisian. Logam yang ada berbentuk sangat kecil dan butuh kehati-hatian. Bila permukaan logam itu kotor atau berkerak , coba bersihkan dahulu dengan cara Congkel logam yang terdapat pada ponsel dengan pelan dengan menggunakan benda kecil yang kuat dan tidak mudah patah misalnya jarum ataupun peniti. Lakukan pada kedua sambungan, pada ponsel dan juga pada kabel charger. Jika sudah coba dicas, jika masalah belum terselesaikan, lanjut tahap selanjutnya.

Cek Kabel Charger
Hal ini mungkin menjadi salah satu dari permasalahan, coba  ganti kabel data USB dengan yang baru, atau pinjam dahulu sama teman. Karena masalah ini jarang terjadi kerusakan pada adaptor yang dihubungkan ke perangkat. Atau karena terlalu sering dilipat sehingga ada kabel ada serat yang putus didalamnya.  Jika sudah coba dicas, jika masalah belum terselesaikan, lanjut tahap selanjutnya.

Bersihkan Perangkat, Charger dan Adaptor
Memang diatas kami sudah membicarakan tentang pembersihan, namun tidak secara keseluruhan. Dan untuk hasil yang lebih maksimal, alangkah baiknya jika mengecek semuanya menjadi bersih 100%. Jangan melakukan Charging pada tempat yang lembab, berminyak atau dekat dengan air, karena takut terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Dan jika sobat melakukan pengisian baterai, cek selalu dan jangan sampai meninggalkannya hingga seharian, Karena baterai mempunyai batas limit kira-kira 2-3 jam.  Jika sudah coba dicas, jika masalah belum terselesaikan, lanjut tahap selanjutnya.

Cek Baterai
Baterai pada umunya hanya bertahan dalam jangka 2 tahun dan jika sudah dirasa mulai berkurang. Coba pinjam baterai teman yang memiliki jenis baterai atau smartphone yang sama, Jika sudah coba dicas, jika masalah belum terselesaikan, lanjut tahap selanjutnya.

Update atau Kembali ke Versi Sebelumnya
Pasti hal ini tidak termasuk dalam kategori yang terpikirkan, tetapi update perangkat bisa jadi salah satu hal yang mengurangi kinerja dari baterai android tersebut. Memang bagi perangkat yang baru, hal ini sangat penting karena update merupakan salah satu langkah mengoptimalkan semuanya, entah itu daya tahan baterai atau kinerja dari android tersebut. Namun pada perangkat lama, pasti hal ini akan membuat android bekerja lebih berat. Jadi tidak ada salahnya jika sobat kembali ke versi yang lama saja dengan melakukan hapus data update aplikasi dan perangkat.

Lihat Juga  Mengatasi sinyal 3G yang sering hilang

Demikian beberapa cara mengatasi hp yang dicas tidak penuh atau hp tidak bisa dicas. Terima kasih anda sudah membaca postingan kami. Salam.

Diberdayakan oleh Blogger.