Cara Mengatasi HP Android Muncul "Memori Penuh"


Bagaimana cara Mengatasi HP Android memori penuh? memang pada sistem operasi Android di beberapa ponsel yang ada masalah utamanya adalah memori full, apalagi ponsel Android entry-level atau low-end. Memori penuh muncul kadang ketika kita sedang melakukan browsing taau membuka apliaksi sosial media. Padahal kadang kita anggap bahwa memori masih banyak, apalagi jika menggunakan SD card atau kartu Micro SD yang memiliki kapasitas besar.

HP Android Muncul "Memori Penuh" kadang bikin kita panik dan bingung meski sudah memindahkan beberapa file seperti video, gambar, dan juga beberapa instalan aplikasi ke memori eksternal. Jika sudah demikian mengapa masih muncul Memori Penuh? apakah perlu kita menghapus beberapa aplikasi yang terpasang di memori internal? tunggu... jangan panik dahulu, kita bisa mencoba beberapa cara dari yang termudah hingga membersihkan sampah yang menumpuk dan menghabiskan banyak spase ruang di dalam memori internal. Lalu bagaimana cara atasi hal ini? tidak perlu ganti ponsel, anda bisa mengakalinya dengan beberapa cara.

Cara Mengatasi Memori Penuh pada Android

muncul memori penuh

beberapa langkah yang harus dilakukan diantaranya:

1. Hapus Cache
Cache merupakan tempat mekanisme untuk mempercepat transfer data dengan cara menyimpan data yang telah di akses di suatu buffer, dengan harapan jika data yang sama akan diakses, akses akan menjadi lebih cepat. sama seperti pada komputer, Android juga memiliki cache, jika dalam waktu yang lama kita tidak menghapus cache, maka akan menumpuk sehingga menyebabkan memori penuh. Untuk menghapus cache kalian bisa menggunakan Cache Cleaner 

2. Pemilihan File
Hapus file tidak penting, untuk mengetahui file yang tidak penting di ponsel kalian, kalian bisa menggunakan Memory Map, dengan aplikasi ini kalian bisa melihat mana saja file file yang berkapasitas besar yang banyak memakan memory kalian.

3. Hapus folder "lost.dir"
folder ini juga bisa dikategorikan sampah, jika kalian menghapus folder ini memori kalian akan semakin lega. Untuk menghapus folder ini, kalian masuk ke setting>storage>misc, hapus folder "lost.dir", kalian juga bisa menhapusnya melalui PC/laptop, kalian tinggal memasukkan memori ke PC/laptop, lalu hapus folder "lost.dir"

4.Pindah Aplikasi 
Pindahkan beberapa aplikasi ke ke memori eksternal atau SDcard  sehingga banyak space pada memori internal yang memungkinkan untuk bisa berjalan beberapa aplikasi agar tidak muncul memori full.

Bila cara diatas telah dilakukan, tetapi memori kalian tetap penuh, pindahkan aplikasi dan game yang berkapasitas besar ke SDcard, kalian bisa menggunakan App2sd, sebelum menggunakan aplikasi ini, partisi dulu SDcard kalian.

Lihat Juga Atasi Ponsel yang dicas tidak masuk. Saya yakin setelah kalian melakukan cara di atas, memori ponsel kalian pasti akan lega. Selain memori penuh, pasti kalian juga mengalami masalah pada RAM yang penuh. Demikian cara Mengatasi android muncul memori penuh. Anda juga bisa memilih aplikasi yang perlu anda install dan yang erlu anda uninstall jika aplikasi tersebut tidak terlalu penting. hal ini selain bisa mengurangi pemakaian memori, juga bisa meningkatkan kinerja smartphone agar tidak lemot bila kapasitas ruang masih tersisa lebih banyak. Salam


Diberdayakan oleh Blogger.