Cara Mengatasi Android yang Jadi Lemot


DandanPonsel - Bagaimana Cara Mengatasi Android yang Makin Lemot? Smartphone android yang menjadi populer saat ini tentunya hampir semua pengguna smartphone menggunakan sistem operasi android, sehingga kadang kalau kita menyebut ponsel atau smartphone dengan istilah lain android. Banyak yang bingung mengapa hp android makin lemot? Ada beberapa hal yang mempengaruhi lemotnya ponsel android baik secara sistem atau secara pemakaian.

HP Android lemot memang terjadi akibat beberapa hal, bisa dari segi kurangnya memori RAM sehingga kinerja aplikasi multitasking menjadi lambat dan berat yang akhirnya menyebabkan kinerja android lemot. Ada juga akibat virus atau malware. Selain hal itu, banyaknya aplikasi yang terbuka (Multitasking) juga berpengaruh pada kinerja. Intinya proses kerja RAM sangat berpengaruh besar terhadap lemotnya android. Ada juga akibat satu atau dua aplikasi yang memang tidak support tetapi dipaksakan diinstall sehingga menyebabkan kerja aplikasi berat sehingga pada akhirnya akan menjadi android lemot.

Bagaimana mengatasi android lemot? nah, kali ini kita akan coba mengatasi android lemot dengan mengetahui penyebab android lemot dan cara-cara mengatasinya. Berikut cara mengatasi android lemot dengan beberapa cara yang bisa ditempuh :

Cara Mengatasi Android yang Lemot

Cara Mengatasi Android yang Lemot

Lihat Juga Cara Mengatasi Aplikasi tidak bisa Diinstall

Ada beberapa langkah dan aplikasi yang perlu kita punya untuk mengatasi masalah ini. Berikut beberapa cara mengatasi android lemot :


1. Gunakan Aplikasi

Anda bsia mengunduh aplikasi Manager Tasking  untuk memanagement multitasking sehingga bisa mengatasi atau menutup aplikasi yang sedang berjalan yang mengunakan RAM pada android anda. Salah satu aplikasinya bernama Greenefiy di Playstore.


2. Unninstall Aplikasi

Mulailah memilah-milah aplikasi yang sekiranya tidak terlalu penting atau jarang digunakan untuk mengurangi kinerja ponsel. Meskipun aplikasi tidak dipakai, kadang ada beberapa aplikasi yang berjalan dan mengurangi pemakaian RAM.


3. Hapus Cache/History

 Banyaknya history atau Cache pada setiap aplikasi di android akan membuat kinerja android lemot, sehingga perlu dibersihkan secara berkala. Buka Pengatruan >> Aplikasi, dan buka setiap aplikasi yang memiliki cache, lalu klik Hapus Cache.


4. Gunakan Eksternal Memori yang Sesuai

Ada beberapa ponsel ayng memiliki standar ideal penggunaan micro SD atau eksternal memori. Misalnya meskipun tertulis up to 32 GB, tidak serta merta akan kuat dengan menggunakan memori sebanyak itu, anda bisa menggunakan memori atau kartu SD yang berkapasitas 4 GB dan jangan dipenuhi. Sisakan sekitar 40% dari jumlah kapasitas memori sehingga ada ruang untuk kinerja RAM yang juga membutuhkan ruang.

Lihat Juga Cara Mengatasi Aplikasi yang menginstall sendiri

Pada dasarnya, RAM sangat berpengaruh pada kinerja android, karena lemot timbul akibat kinerja sistem operasi yang tidak normal atau beban yang terlalu berat. Bila anda belum atau ingin embeli ponsel android dan memang suka game, ada baiknya untuk memilih atau membeli HP Android yang memiliki RAM tinggi. Demikian beberapa cara agar android tidak lemot. Salam.

Diberdayakan oleh Blogger.