Cara Mengatasi Error "Insufficient Storage Available" di Android


DandanPonsel - Apa yang dimaksud dengan error Insufficient Storage Available? dan mengapa error tersebut muncul? Untuk menangani masalah error muncul pesan tersebut kita harus mengetahui faktor penyebab dan hal-hal yang memepngaruhinya. Ada beberapa penyebab yang menjadikan muncul masaahlha tersebut. Hal ini juga berpengarhu pada cara mengatasi dan memperbaikinya. 

Muncul "Google Play Store Insufficient Storage Available" di hp android saat digunakan, pada dasarnya masalah ini muncul akibat adanya ruang penyimpanan yang tidak cukup. Biasanya terjadi pada penyimpanan internal. Ini jika secara normal. namun yang menjadi masalah adalah ketika penyimpanan internal masih banyak tetapi muncul messages "Google Play Store Insufficient Storage Available" tersebut, bagaimana cara mengatasinya? berikut kita akan membahasnya dan bagaimana cara menanganinya dengan benar.

Cara Mengatasi Error "Insufficient Storage Available"

Cara Mengatasi Error "Insufficient Storage Available"

Sebelum mengatasi masalah tersebut, ada beberapa penyebab yang dapat kita analisa. Berikut beberapa penyebab munculnya Insufficient Storage Available :

- Sesuai dengan pesan yang ditampilkan, yang bermakna penyimpanan tidak tersedia, yang berarti memori tidak cukup. Jika secara hitungan memori anda masih mencukupi, kemungkinan besar kesalahan sistem.
- Kesalahan sistem bisa terjadi akibat sistem dari ponsel android sendiri atau sistem dari playstore sendiri yang tidak dapat membaca keeluruhan memori di ponsel
- Kemungkinan lain, banyaknya cache yang menyebabkan memori penuh meskipun aplikasi yang kita gunakan baru sedikit namun memori dihabiskan oleh sampah history atau cache


Untuk mengatasi hal ini, ada beberapa hal yang perlu dilakukan, diantaranya :

1. Jika akibat cache saja, ada baiknya bersihkan seluruh cache di setiap aplikasinya. Jika memiliki aplikasi pembersih, lakukan pembersihan, termasuk mengecek foto atau musik yang tidak perlu untuk dihapus agar memori yang tersisa semakin banyak.

Cara menghapus cache :
  • Buka pengaturan
  • Lalu pilih Aplikasi
  • Kemudian klik aplikasi yang sering dipakai misalnya instagram, youtube, BBM, Line, dll
  • buka satu persatu dan klik Hapus Cache di tiap masing-masing aplikasi

2. Jika akibat kesalahan sistem dari aplikasi playsotre, ada baiknya lakukan update aplikasi. Untuk mengupdate playstore dibutuhkan koneksi data yang aktif. Cara update aplikasi playstore :
  • Buka Pengaturanatau Setting
  • Pilih Application atau Kelola plikasi
  • cari "Google Service Framework" dan Klik
  • Jika sudah terbuka, klik tombol "Foce Stop" atau "Paksa Berhenti"
  • Setelah itu klik tombol "Clear Data" dan "Unistall Update"
  • Kemudian lakukan restart ponsel 
  • Buka aplikasi Playstore kembali agar Playstore melakukan install otomatis
  • Jika muncul pesan error mengenai playstore, diamkan saja dan tunggu agar Playstore mengupdate. Pastikan jaringan data internet berjalan.
3. Jika error PlayStore Insufficient Storage Available akibat sistem dari ponsel, langkah terakhir adalah Factory Reset atau kembalikan ke pengaturan pabrik. Reset factory setiap merk ponsel berbeda. Anda bisa mencari cara Factory reset untuk tipe ponsel anda. Sebelum melakukan reset factory ada baiknya anda backup data dahulu agar tidak kehilangan data seperti video, foto dan juga file lain yang tersimpan dalam ponsel yang bisa jadi penting bagi anda.

Jika anda memiliki permasalah lain seputar Playstore, kami memiliki beberapa solusi, diantaranya :

Demikian Cara Mengatasi muncul "Insufficient Storage Available" di Android yang bisa kita berikan, semoga salah satunya dapat menjadi solusi dari permasalahan ponsel android anda. Salam

Diberdayakan oleh Blogger.