Cara Mengecek Layar Sentuh/LCD Android dengan Kode


DandanPonsel - Bagaimana cara mengecek LCD android? Bagi yang ingin mengecek layar sentuh atau LCD dari handphone Android bisa dengan menggunakan Kode. Kumpulan kode-kode ini biasa disebut dengan The Android Secret Code atau biasa disebut Kode Rahasia Android. Kode rahasia ini bisa digunakan untuk mengecek atau mengetahui kondisi dari smartphone kita mulai dari kondisi layar, hingga komponen lain dalam smartphone kita.

Mengecek layar handphone dengan kode ini biasa digunakan oleh sesorang yang merasakan LCD Android Error, atau yang tiba-tiba layar muncul bercak hitam, atau sekedar munculnya goresan di layar sentuh apakah mengakibatkan kerusakan atau tidak, bisa dilakukan pengecekan melalui kode tersebut. Meskipun LCD kita tidak bermasalah bisa juga melakukan pengecekan untuk mengetahui ketepatan posisi pointer atau bahasanya kalibrasi layar sentuh sehingga tetap pada posisi yang benar.

Cara mengecek LCD android digunakan untuk mengetahui seberapa bagus kondisi dari layar sentuh kita saat ini mulai dari kondisi warna, kondisi fungsi getar, kamera, dan juga fitur-fitur lain seperti sensor-sensor dan sound atau speaker suara. Selain itu juga dapat mendeteksi keakuratan dari titik sentuh dan sensitivitas dari layar sentuh di ponsel kita. Untuk lebih jelasnya, berikut cara mengecek Layar Sentuh :

 Cara Cek Touchscreen Handphone Android

Untuk mengecek layar sentuh android, lakukan langkah berikut :
1. Pertama, pada menu telepon, ketik *#0*# atau *#*#0*#*# atau *#*#0*#*#*
2. Jika berhasil akan muncul beberapa indikator warna yang bisa kita cek di masing-masing tombol

 Cara Cek Touchscreen Android

Klik semua tombol yang ada untuk memastikan semuanya berjalan dan masih normal. Untuk mengetahui kenormalan, berikut arti dari indikatornya. Jika menghasilkan efek sesuai keterangan berarti fungsional warna dari layar masih normal. 

Indikator Warna :
  • Red : jika diklik, semua layar akan berwarna merah
  • Green, jika diklik, semua layar akan berwarna hijau
  • Blue, jika diklik, semua layar akan berwarna biru

Indikator lainnya dalam mengecek layar sentuh
  • Receiver (melody), mengecek nada SMS/telepon jika diklik, akan berbunyi ada tinggi dan panjang
  • Vibration, Mengecek fitur getar. jika diklik, layar akan berwarna hitam dan ponsel akan bergetar
  • Dimming, Mengecek kehalusan warna. Jika diklik, akan muncul beberapa warna seperti merah, biru dan hijau di layar dan semuanya halus
  • MegaCam, Mengecek fitur kamera. Jika diklik akan mengarah ke kamera dan lakukan pengambilan foto untuk mengetesnya
  • Sensor, Mengecek fungsi sensor-sensor.  jika diklik akan muncul sebuah pilihan untuk mengecek proximity, accelerometer, light sensor, dan greyscope.
  • Touch, mengecek keakuratan layar. jika diklik, lakukan pengusapan jari untuk menguji keakuratan titik dari layar sentuh(kalibrasi)
  • Sleepmode, Mengecek fungsi mode sleep. jika diklik, akan menjadi hitam seperti saat posisi sleep atau tidur.
  • Speaker, Mengecek fungsi sound panggilan masuk.jika diklik, akan muncul nada panggil yang digunakan saat ini
  • Sub Key, jika diklik, akan muncul layar putih. kemudian tekan tombol lain, maka akan muncul warna berbeda dan tujuannya untuk mengetahui fungsi tombol lain diluar touch screen.
  • Front Cam, jika diklik, anda mengecek fungsi dari kamera depan
  • Black, mengecek kecacatan di dalam layar. jika diklik, layar akan berubah warna menjadi hitam. Jika ada bercak yang tidak hitam artinya sudah tdiak normal.
Jika indikator diklik dan menghasilkan efek yang sesuai dengan keterangan diatas berarti layar sentuh anda masih benar-benar normal. Jika ada permasalahan seputar layar sentuh, berarti diakibatkan oleh faktor lain seperti misalnya sambungannya yang kotor atau konektornya yang terhubung pada ponsel. Anda bisa melakukan pengecekan di semua indikator atau bisa juga melakukan pengecekan pada poin-poin yang bermasalah saja.

Anda juga bisa membaca permasalahan layar sentuh lainnya seperti :

Ternyata mengecek layar sentuh handphone bisa kita lakukan sendiri dengan menggunakan kode jika ktia tahu caranya. Mudah bukan ternyata? semoga cara mengecek layar sentuh ini dapat memberikan manfaat agar kita dapat mengetahui kondisi dari layar sentuh di smartphone kita saat ini. Perawatan yang baik dan benar dapat membantu menjaga smartphone tetap awet dan terjaga. Salam

Diberdayakan oleh Blogger.