Cara Mengatasi Android yang Tidak Bisa Koneksi ke Wifi


Tips Smartphone - Bagaimana Cara Mengatasi Android yang Tidak Bisa Koneksi ke Wifi? Sebagian besar android, telah mempunyai fitur konektivitas wifi. Wifi sangat penting untuk kenyamanan kita dalam mengakses internet. Tidak hanya memudahkan kita dalam mengakses internet tapi juga membantu kita untuk menghemat kuota atau paket internet. Di masa kini, wifi banyak digunakan tidak hanya mengakses internet, tapi bisa juga digunakan untuk transfer file, direct display, dll. Biasanya dulu kita menggunakan bluetooth untuk transfer file, namun dewasa ini mayoritas pengguna android lebih memilih menggunakan wifi karena lebih cepat dan mudah digunakan.Lalu bagaimana jika HP tidak bisa connect dengan Wifi tanpa sebab apapun sebelumnya? kita akan bahas kali ini.

Jika HP Android anda mengalami Wifi yang tidak bisa aktif anda bisa membaca cara mengatasinya pada : Cara Mengatasi Wifi Mati/Rusak. Namun jika Wifi anda aktif tapi tidak mau konek atau tidak mau menemukan jaringan wifi, maka langkah di bawah ini semoga bisamembantu anda.

Mengatasi HP tidak bisa konek dengan Wifi sebenarnya terjadi akibat beebrapa faktor. Hal itu membebani sekali bukan? Kita yang berharap sangat dengan wifi karena lebih efektif dan efisien untuk digunakan, tetapi malah bermasalah pada konektivitasnya.  Berikut cara dan penyebab Wifi tidak mau terhubung di Hp android 

Cara Mengatasi Android Tidak Bisa Konek Wifi

Cara Mengatasi Android Tidak Bisa Konek Wifi

Ada beberapa cara yang harus dilakukan untuk mengatasi HP Android tidak mau konek Wifi :

Sesuaikan Tanggal dan Waktu
Hal pertama yang bisa anda lakukan yaitu melihat Tanggal dan Waktu. Jika tanggal dan waktu sesuai dengan hari ini maka anda tidak perlu mengaturnya, tetapi jika tanggal dan waktu tidak sesuai dengan hari ini maka anda perlu mengaturnya.  Anda tidak dapat mengakses internet apabila tanggal dan waktu tidak sesuai dengan saat ini.

Caranya :
Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan  » Tanggal dan Waktu  » Kemudian anda bisa melalui untuk mengatur tanggal dan waktu di HP Android anda. Atur secara otomatis agar hasilnya bisa sesuai dengan jaringan operator anda.

Setelah dilakukan penyesuaikan tanggal dan waktu, maka coba aktifkan Wifi dan sambungkan dengan Wifi terdekat, jika masih belum aktif, cobalah cara selanjutnya.

Wifi Android Non-Aktif
Sebelumnya, perhatikan icon pada status bar di atas smartphone, jika anda sudah mengaktifkan Wifi namun icon belum muncul artinya Wifi belum aktif. Jika mengalami kejadian ini, maka yang perlu dilakukan cukup restart smartphone. Jika model ponsel anda dengan baterai removable, maka bisa cabut baterai beebrapa menit kemudian pasang lagi. jangan lupa untuk membersihan chahce juga. 

Caranya :
Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan  » Manajemen Aplikasi  » Cari “Pengaturan Wi-Fi”  » Kemudian klik “Hapus Cache”.

Forgot Network
Lihat pada menu wifi biasanya terdapat history beberapa Sambungan wifi yang pernah tersambung. Jika banyaknya history menyebabkan Wifi error atau tidak bisa tersambung, maka perlu menghapus history.

Caranya :
Buka menu Pengaturan » Wi-Fi  » Tekan nama hotpsot tepat pada icon “I”. Selanjutnya, anda tap “Lupakan Jaringan Ini” atau “Forgot Network”. Lakukan satu persatu hingga semua history jaringan telah terhapus semuanya

Matikan Anti Virus
Adakah hubungannya antara Antivirus dengan Wifi? Beberapa Anti Virus melakukan bloking layanan hostpot yang mencurigakan seperti misalnya IP atau hostpot publik misalnya di kafe atau area umum sehingga menyebebakan kita tidak bisa menghubungkan dengan wifi di android kita. Untuk itu matikan dahulu Anti Virus yang adan di Smartphone.

Gunakan Aplikasi Wifi FixerWifi Fixer adalah sebuah aplikasi android gratis yang dapat digunakan untuk menganalisis jaringan Wifi, kemudian memperbaiki jaringan Wifi yang lemah menjadi lebih kuat agar dapat digunakan untuk mengakses Internet. Untuk menginstalnya cukup unduh gratis melalui Google Play Store


Beberapa cara di atas semoga bisa membantu permasalahan anda dalam Wifi Android tidak tersambung atau Android tidak mau koneksi Wifi. Semoga salah satu cara di atas dapat mengatasi permasalahan anda dan anda tidak perlu khawatir karena Wifi pada android anda tidak rusak. Salam

Diberdayakan oleh Blogger.