Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android yang Tidak Bisa Dihapus


Bisakah Menghapus Aplikasi Android yang Tidak Bisa Dihapus? Bagi yang memiliki smartphone dengan RAM dan memori terbatas tentunya kadang ingin mengisntall aplikasi lain namun ternyata tidak cukup dan muncul pesan bahwa android memori penuh memori tidak cukup. Bagaimana mengatasinya dan solusi sebagai jalan keluar bagi pemilik smartphone android yang memiliki memori internal kecil? Salah satu caranya dengan menghapus aplikasi google bawaan dari android yang tidak digunakan seperrti misalnya aplikasi android google plus, aplikasi google play, atau aplikasi layanan google lain yang sebenarnya tidak kita butuhkan. Namun ketika menghapus aplikasi tersebut ternyata aplikasinya tidak bisa dihapus atau sekalipun bisa dihapus akan otomatis muncul kembali.

Cara meng uninstall aplikasi di android yang tidak bisa dihapus atau aplikasi bawaan google memang membutuhkan beberapa langkah dan tahapan, baik untuk smartphone yang sudah di-root ataupun masih original. Untuk melakukan cara menghapus aplikasi google di android pada prinsipnya smartphone anda sudah di root. Cara melakukan root anda bisa melakukannya tanpa PC atau tanpa komputer. Nah bagi anda yang tidak memiliki laptop atau komputer dan ingin melakukan root, anda bisa mengikuti langkahnya di Cara Root Android tanpa Komputer. Fungsi root di Android sebenarnya pada dasarnya digunakan untuk pengguna sehingga mendapatkan hak penuh untuk masuk ke sistem Android di dalamnya. Dengan melakukan Root, anda sebagai pengguna bisa menambah, mengurangi, atau melakukan update file  data-data yang terletak pada sistem Android yang bila dalam keadaan standar (belum root) file-file tersebut tidak dapat di akses.

Setiap Android pasti punya bloatware yang menggangu. Inilah cara mudah untuk menghapus semua aplikasi bawaan sistem Android dengan berbagai cara. Setelah ponsel atau smartphone android anda sudah di root, anda bisa melakukan penghapusan atau menghilangkan aplikasi bawaan android. Utnuk lebih jelasnya berikut beberapa langkah dan beberapa cara yang bsia digunakan untuk menghapus file atau aplikasi bawaab di android


 Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android yang Tidak Bisa Dihapus

Cara meng uninstall aplikasi di android yang tidak bisa dihapus

Setelah ponsel android anda dilakukan Root, anda bisa melakukan cara menghapus aplikasi bawaan android dengan beberapa cara, antara lain :

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android dengan Root Explorer

Dengan menggunakan aplikasi Root Explorer, anda bisa menghapus aplikasi apapun di dalam android termasuk aplikasi bawaan. Caranya :
  • Jika anda belum memiliki aplikasinya, anda bisa mengunduhnya di Google Play Store
  • Setelah menginstal dan sudah terpasang, buka aplikasinya
  • Jika ada permintaan akses, klik 'Izinkan'
  • Selanjutnya masuk ke menu 'System' dan pilih pilihan 'App'
  • Akan muncul banyak direktori aplikasi. Cari aplikasi bawaan android yang ingin dihapus. 
  • Klik remove maka aplikasi akan bisa dihapus dengan mudah.
  • Pastikan anda menghapus aplikasi bawaan android atau produk google, jangan hapus setingan android seperti misalnya pengaturan jaringan, pengaturan akun, dll karena jika dihapus maka android akan corrupt
  • Cara menghapusnya dengan menekan agak lama kemudian muncul pilihan 'Hapus'
  • Tunggu beberapa saat hingga proses penghapusan dan pembersihan aplikasi tersebut selesai.

Jika anda tidak ingin melakukan Root, atau belum melakukan Root anda bisa menggunakan cara ini sebagai cara menghapus aplikasi bawaan tanpa Root yang bisa anda coba :

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android Tanpa Root

Untuk menghapus aplikasi bawaan android tanpa Root, sebenarnya pada dasarnya tidak menghapus melainkan mendisable sehingga tidak memakan lebih banyak memori sebagai kinerja dari masing-masing aplikasi. Cara mendisable aplikasi bawaan android yang tidak bisa dihapus bisa mengikuti langkah di bawah ini :
  • Buka pada menu pengaturan kemudian pilih 'Manajer Aplikasi'
  • Selanjutnya klik 'Semua'
  • kemudian pilih aplikasi yang ingin dihapus dan klik, kemudian ketuk pilihan 'Tidak memungkinkan'
  • Lakukan cara yang sama ke semua aplikasi yang ingin dihapus atau dinon-aktifkan. Lakukan satu persatu hingga selesai.



Demikian cara menghapus aplikasi bawaan Android tanpa Root dan juga dengan Root. Anda bisa memilih yang menurut anda paling mudah dan sesuai dengan kondisi anda saat ini. Lakukan dengan bijak untuk menghindari masalah muncul dari proses penghapusan aplikasi bawaan ini. Salam.

Diberdayakan oleh Blogger.