HP Android Cepat Panas? Penyebab dan Mengatasinya Mudah


Tips Android - Pernah mengalami HP Android cepat panas ketika main game atau sedang dicas? Tidak perlu khawatir. Sebenarnya untuk aktivitas mengisi baterai atau sedang dicas memang normalnya akan terasa panas. Begitu juga ketika sedang maen game maka hp cepat panas karena prosessor bekerja lebih. Namun bagaimana jika panasnya terlalu over? nah ini yang tidak normal. Panas berlebih pada hp atau smartphone bisa menimbulkan dampak lain seperti layar android ngeblang, layar muncul bercak hitam, bahkan bisa menyebabkan layar sentuh error. Beberapa teman yang mengeluhkan hal ini biasanya terjadi pada HP Asus panas, Android Lenovo panas, atau Xiaomi cepat panas. Bagi yang masih memiliki garansi mungkin bisa membawanya ke service center xiaomi terdekat di kota anda. Namun bagaimana bila sudah tidak garansi? tentu membawa ke Service Center akan memakan biaya banyak. Untuk itu kita coba dahulu perbaiki sendiri.

Mengatasi Android cepat panas yang berlebihan memang tidak bisa sekaligus menentukan karena kita harus mengetahui dahulu penyebab yang muncul mengapa baterai android cepat panas, atau layar android panas, maupun tablet android cepat panas. Kemungkinan besar adalah kinerja RAM yang terlalu berat sehingga membuat bodi ikut panas dan rasanya seperti bagian baterai android cepat panas juga. Jika pada posisi dicas, dan terasa panas over atau berlebih, kemungkinan bisa dari baterai yang sudah menurun performanya atau bsia juga akibat charger yang tidak sesuai pengisiannya. Biasany ini terjadi jika tidak menggunakan charger bawaan. Selain hal ini, bisa juga disebabkan oleh beberapa aplikasi yang memang membuat panas termasuk game atau aplikasi yang selalu mengakses internet.

Cara mengatasi HP Android Cepat Panas




Nah untuk mengatasi agar hp android cepat panas bisa kembali normal, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan dengan menganalisa penyebab android cepat panas.

Adanya Kinerja Berlebih
Jika smartphone anda termasuk smartphone dengan space atau kapasitas RAM yang kecil maka ada baiknya tidak terlalu sering menggunakan multitasking atau membuka aplikasi lebih dari dua sekaligus. Hal ini selain bisa menyebabkan hp android ngehang juga dapat memicu munculnya panas berlebih. Selain itu ada baiknya menghapus atau unninstall aplikasi yang memakan banyak RAM agar kinerja ponsel lebih stabil.Akibatnya hp cepat panas atau bahkan android lemot.

Pengaruh Akses Internet
Bila android cepat panas hanya ketika anda sedang online atau ketika data dihidupkan, kemungkinan besar akibat melakukan pencarian sinyal internet. Setiap ponsel memang dirancang untuk menemukan sinyal yang terbaik. Jika anda berada pada lokasi dengan sinyal yang tidak stabil, maka ponsel akan berusaha keras mencari sinyal yang stabil. Hal ini berdampak pada smartphone yang terasa panas.

Baterai Tidak Normal
Nah, jika panas terlalu over ketika sedang diisi atau dicas, kemungkinan hal ini terjadi pada baterai yang memang sudah memasuki lifetime atau umur pakai. Tingkat keawetan baterai sangat berpengaruh pada banyak hal. Untuk itu penggunaan yang tidak bijak dapat mengakibatkan baterai cepat rusak seperti misalnya penggunaan saat sedang dicas, atau sering terjatuh dan terbentur. Hal ini membuat baterai cepat rusak.

Charger tidak Sesuai
Android cepat panas hanya ketika dicas, selain akibat baterai seperti di atas, charger juga berpengaruh. sebelum mengganti baterai cobalah mengganti charger dahulu. Memang pada dasarnya android yang sedang dicas akan terasa panas. Tetapi jika panas berlebih, kemungkinan akan membuat masalah lain seperti layar yang muncul bercak karena terlalu sering dialiri panas berlebih. Segera ganti charger atau membeli charger yang output sesuai dengan kebutuhan baterai. Lihat pada sepsifikasi baterai.

Cara mencegah HP Android Cepat Panas

Bagi anda yang belum mengalami masalah ini, disarankan untuk mencegahnya agar tidak terjadi hal ini. Beberapa cara mencegah hp cepat panas, anatara lain:
1. Gunakan aplikasi yang sesuai dengan space memori RAM dan ROM yang kita miliki.
2. Matikan data sellular atau internet jika tidak digunakan
3. Jangan mengoperasikan hp sat sedang pengisiaan atai dicas
4. Jangan menyimpan smartphone pada saku celana yang ketat
5. Hati-hati dalam penggunaan aagr tidak terjatuh atau terkena benturan.

Anda juga bisa membaca Memperpaiki HP android Restart Sendiri

Demikian beberapa cara mengatasi android cepat panas dan tidak bingung lagi mengenai hp android cepat panas apa penyebabnya. Penggunaan ponsel yang benar akan membuat smartphone anda lebih awet. Beberapa cara di atas bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan berdasarkan penyebab yang anda alami. Semoga cara kali ini bisa membantu yang sedang mengalami masalah ini baikk tablet cepat panas, baterai cepat panas, maupun cpu android cepat panas. Salam.
HP Android Cepat Panas? Penyebab dan Mengatasinya Mudah | Revie Hapsari | 5

0 komentar: